kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Lelang SBSN Didominasi Oleh Investor Domestik


Selasa, 04 Oktober 2022 / 18:19 WIB
Lelang SBSN Didominasi Oleh Investor Domestik
ILUSTRASI. Pemerintah hanya menyerap Rp 755 miliar pada lelang sukuk hari ini.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menggelar lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada hari ini, Selasa (4/10). Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, total penawaran yang masuk dalam lelang SBSN hari ini sebesar Rp 7,05 triliun. 

Jumlah tersebut lebih rendah daripada penawaran yang masuk dalam lelang SBSN dua pekan lalu sebesar Rp 17,11 triliun. Pemerintah hanya menyerap Rp 755 miliar pada lelang sukuk hari ini, jauh lebih rendah ketimbang lelang dua pekan lalu yang mencapai Rp 6,27 triliun.

Senior Vice President, Head of Retail, Product Research & Distribution Division, Henan Putihrai (HP) Asset Management Reza Fahmi Riawan mengatakan, seri PBS029 yang akan jatuh tempo pada 15 Maret 2034 menerima jumlah penawaran masuk Rp 2,62 triliun. Dari hasil tersebut, pemerintah menyerap penawaran sebesar Rp 300 miliar dan menjadi seri yang paling banyak diburu sekaligus dimenangkan.

Baca Juga: Lelang Sukuk Negara Sepi Peminat, Investor Minta Yield Tinggi

Reza menjelaskan hasil lelang hari ini lebih rendah dibandingkan hasil lelang edisi sebelumnya karena investor asing lebih memilih wait and see di tengah tren kenaikan suku bunga serta inflasi Indonesia yang meningkat. Investor lebih memilih mengurangi risiko fluktuasi atas perubahan tingkat suku bunga sehingga lebih memilih tenor pendek. 

"Untuk yield di lelang kali ini lebih rendah dibanding dengan lelang sebelumnya, lelang kali ini hanya rentang 5,375% hinggan 6,75%," ujar Reza kepada Kontan.co.id, Selasa (4/10). 

Dia melihat, investor asing kurang berminat mengoleksi SBSN sehingga lebih banyak pembeli dari investor domestik.

Baca Juga: Pemerintah Hanya Menyerap Rp 755 Milliar pada Lelang Sukuk Negara Selasa (4/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×