Reporter: Muhammad Alief Andri | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) catat penjualan naik 7,2% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 2,14 triliun di kuartal I-2025.
Kinerja ini turut ditopang oleh pertumbuhan same store sales growth (SSSG) sebesar 2,2% di periode Januari-Maret 2025. Perusahaan pun melihat, peluncuran merek AZKO juga mendapatkan sambutan positif dari konsumen dan menjadi penopang penjualan.
Walau penjualan naik, laba bersih ACES terlihat turun menjadi Rp 141,6 miliar di kuartal I-2025. Asal tahu saja, laba bersih ACES di periode Januari-Maret 2024 sebesar Rp 204,82 miliar.
Manajemen ACES mengatakan, penurunan laba bersih ini disebabkan oleh kenaikan biaya operasional, termasuk percepatan pembayaran THR dan belanja promosi rebranding.
Namun, laba operasional ACES masih tumbuh 4% di kuartal I-2025, bila faktor musiman THR disesuaikan.
Baca Juga: Keyakinan Konsumen Turun, Ini Strategi Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Jaga Kinerja
“Kami melihat respon positif terhadap rebranding AZKO sebagai tonggak penting setelah 30 tahun melayani konsumen. Dengan strategi ekspansi dan penguatan pengalaman belanja, kami optimistis terhadap prospek kinerja hingga akhir tahun.” kata Direktur ACES, Gregory S. Widjaja dalam siaran pers, Jumat (2/5).
Untuk tahun 2025, ACES mengalokasikan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 250 miliar - Rp 300 miliar. Dana capex tersebut difokuskan untuk pembukaan 25 toko - 30 toko baru dan pengembangan konsep toko berbasis kebutuhan pelanggan.
Asal tahu saja, realisasi belanja modal ACES mencapai Rp 43,55 miliar selama kuartal I-2025.
Selain ekspansi bisnis, ACES juga menjalankan program keberlanjutan seperti AZKO Berbagi Cahaya melalui distribusi lampu hemat energi ke rumah ibadah serta penghitungan serapan karbon dari penanaman lebih dari 4.000 pohon. Inisiatif ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap prinsip ESG.
ACES juga akan terus memperkuat portofolio 52 home brand termasuk KRISBOW, KLAZ, STORA, hingga SOLEIL, dan mengembangkan layanan omnichannel lewat aplikasi Ruparupa sebagai bagian dari strategi transformasi ritel ke depan.
Selanjutnya: Promo Minyak Goreng Weekend 2-4 Mei 2025, Harga Berbeda di Setiap Wilayah
Menarik Dibaca: Bunga Deposito Bank Panin di Bulan Mei 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News