kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kurs rupiah berpeluang menguat memanfaatkan stabilnya dolar AS


Selasa, 20 Agustus 2019 / 09:39 WIB

Kurs rupiah berpeluang menguat memanfaatkan stabilnya dolar AS
ILUSTRASI. Nilai tukar rupiah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah berpeluang menguat di hadapan dolar AS pada Selasa (20/8). Hal ini ditandai dengan potensi stabilnya pergerakan indeks dolar.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini memproyeksikan, indeks dolar akan bergerak stabil di kisaran 98,2-98,3 sepanjang hari ini. Posisi kurs dolar AS juga cenderung stabil terhadap mata uang utama dunia lainnya.

Baca Juga: Rupiah melemah lagi di awal perdagangan Selasa (20/8)

Stabilnya dolar AS ditopang oleh penurunan kekhawatiran para investor terhadap kemungkinan resesi ekonomi yang akan terjadi di AS pada tahun depan setelah imbal hasil US Treasury tenor 2 dan 10 tahun mengalami inversi di minggu lalu. "Hal tersebut mendorong para investor untuk kembali berinvestasi di pasar saham serta menurunkan tekanan terhadap mata uang di negara berkembang," ungkap Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Berbekal sentimen tersebut, rupiah diyakini dapat mengalami penguatan di hari ini. Pergerakan rupiah juga akan ditopang oleh kelangsungan lelang sukuk negara yang akan mendorong arus modal masuk.

Baca Juga: Bursa Asia menguat, hanya Hang Seng yang masih turun

Mikail memprediksi, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.200-Rp 14.230 per dolar AS pada hari ini.


Reporter: Dimas Andi
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Tag
Terpopuler

Close [X]
×