kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kontribusi produk modular Wijaya Karya Gedung (WEGE) bisa meningkat tahun depan


Jumat, 19 November 2021 / 18:33 WIB
Kontribusi produk modular Wijaya Karya Gedung (WEGE) bisa meningkat tahun depan
ILUSTRASI. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) bangun modular pit building Sirkuit Mandalika hanya dalam 21 hari.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - LOMBOK. Bisnis modular menjadi harapan baru bagi PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) untuk memaksimalkan kinerja. Terobosan anyar dalam bidang konstruksi ini diharapkan bisa menjadi kontributor yang signifikan bagi kinerja WEGE, dimana salah satu keunggulan dari modular adalah dari segi kecepatan waktu.

Singkatnya, teknologi modular adalah teknologi dalam bidang konstruksi, yang menyusun komponen buatan/rakitan pabrik (off site) menjadi panel modular, yang kemudian disusun menjadi bangunan di suatu lokasi. 

Jika dianalogikan, membangun bangunan dengan teknologi modular sama seperti bermain/menyusun lego. Bangunan dengan teknologi modular juga bisa dipindahkan/dibongkar ke mana saja.

Baca Juga: Pecahkan rekor, WEGE bangun modular pit building Sirkuit Mandalika dalam 21 hari

Hal ini telah dibuktikan oleh WEGE dengan rampungnya proyek modular pit building di Sirkuit Internasional Mandalika. Anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) ini hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas pembalap dan official team yang akan berlaga ini. 

“Kami kerjakan hanya dalam waktu 21 hari, sejak dipasang sampai mendapatkan persetujuan bisa digunakan atau sudah sampai proses homologasi,” terang Bagus Tri Setyana, Direktur Operasi I Wijaya Karya Bangunan Gedung, saat kunjungan di Mandalika bersama media, Jumat (19/11).

Sebelumnya, pembangunan rumah sakit khusus Covid-19 di Pulau Galang dan Rumah Sakit Simprug juga dibangun dengan waktu yang singkat dengan menggunakan sistem modular ini. 

Ke depan, WEGE akan terus memacu kinerja segmen modular. Bagus menegaskan, pengembangan bisnis modular tidak akan berhenti pada proyek acara-acara internasional maupun ketika pandemi sudah mereda. 

Baca Juga: Kontrak baru jadi katalis, ini rekomendasi saham Wijaya Karya (WIKA)

“Kami melalui departemen research and development selalu berusaha menciptakan proyek, dan siap melayani pemberi tugas yang membutuhkan terutama untuk pembangunan gedung yang diharuskan dalam waktu cepat,” sambung Bagus.

Bagus mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembicaraan, berdiskusi, dan melakukan desain kebutuhan dormitory (asrama) untuk bisnis pertambangan, bisnis perkebunan, hingga kebutuhan asrama untuk santri. Proyek ini bakal dimulai pada tahun depan. Tak main-main, Bagus menyebut nilai kontrak dari proyek ini cukup jumbo, yakni mencapai lebih dari Rp 3 triliun.

Dus, kontribusi segmen bisnis modular terhadap pendapatan WEGE diproyeksi bakal terus membesar tahun depan. Bagus memproyeksi, tahun depan segmen modular bisa berkontribusi mencapai 50%. 

Sedangkan di tahun ini, kontribusi dari segmen modular berkisar 25%-30%. Proyeksi ini dengan menimbang sikap investor yang masih wait and see terhadap kondisi pandemi, sehingga pembangunan mall dan apartemen masihm belum bergairah. 

Baca Juga: Wika Gedung (WEGE) masih agresif membidik kontrak baru di sisa tahun ini

Tak hanya asrama, WEGE juga akan menggarap hotel dengan menggunakan modular. Bekerja sama dengan salah satu pengelola hotel, WEGE akan membangun proyek tersebut di Surabaya dan Lampung. 

“Di luar dari asrama, produk yang akan kami ciptakan tidak hanya untuk bangunan yang sifatnya mendesak, tetapi untuk bisnis hotel juga sangat feasible,” sambung Bagus. 

Dengan durasi pembangunan yang hanya sebulan hingga dua bulan, pemilik hotel sudah bisa menghasilkan pendapatan berulang (recurring income) dengan cepat. Bagus berharap, rencana ini bisa terwujud di 2022.

Oleh karena itu, WEGE melalui divisi riset dan pengembangan akan selalu menciptakan inovasi yang memunculkan varian-varian baru modular. Hal ini sejalan dengan ambisi WEGE untuk menjadi pemimpin dan menjadi pioner bisnis sistem modular.

Baca Juga: Saham Emiten Konstruksi Berpeluang Terdorong Kontrak Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×