kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kokoh Inti Arebama (KOIN) akan perluas kegiatan usaha


Rabu, 02 September 2020 / 16:19 WIB
Kokoh Inti Arebama (KOIN) akan perluas kegiatan usaha
ILUSTRASI. Kokoh Inti Arebama menambah kegiatan usaha meliputi supermarket bahan bangunan, online marketplace, dan e-retail business.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Distributor keramik dan semen, PT Kokoh Inti Arebama Tbk (KOIN) bakal melakukan penambahan kegiatan usaha meliputi supermarket bahan bangunan, online marketplace, dan e-retail business.

Susalak Khiew-Orn, Direktur Kokoh Inti Arebama mengatakan, KOIN berencana membuka dua cabang supermarket bahan bangunan yang berlokasi di Jabodetabek pada 2021 mendatang.

Sehubungan dengan rencana perubahan kegiatan usaha ini, KOIN telah menyiapkan capital expenditure yang bersumber dari arus kas internal. Adapun dana yang dibutuhkan untuk pengembangan platform sebesar Rp 500 juta, e-retail business memerlukan dana Rp 500 juta, dan supermarket bahan bangunan sekitar Rp 14 miliar.

Baca Juga: Kokoh Inti Arebama optimistis pendapatan tumbuh hingga 10% tahun ini

KOIN akan meminta persetujuan pemegang saham untuk perluasan bidan usaha tersebut. "Kami estimasi permintaan persetujuan dan tahap pemenuhan kewajiban dapat selesai pada akhir tahun 2020 atau lebih cepat," ujar Susalak dalam keterbukaan informasi, Rabu (2/9).

Kemudian kegiatan bidang usaha baru ini ditargetkan bisa beroperasional dan menghasilkan pendapatan untuk KOIN mulai kuartal kedua tahun depan.

Ia memprediksi, nantinya kegiatan usaha supermarket bahan bangunan akan menyumbang 11% terhadap total pendapatan, online marketplace akan berkontribusi 0,2%, dan e-retail business bakal meyumbang 0,3%. Sementara sisa pendapatan sebesar 88,5% masih diperoleh dari kegiatan usaha distributor dan importir keramik serta semen.

Ada sejumlah strategi yang telah disiapkan perusahaan ini untuk dapat bersaing dengan kompertitor. Misalnya, pada kegiatan usaha Supermarket bahan bangunan, KOIN akan memperluas toko retail baik secara online dan juga offline.

Sementara untuk online marketplace, KOIN akan melakukan komunikasi dengan pelanggan dan melibatkan diri sejak awal proses renovasi rumah, menyediakan sesi sharing, memberikan tema dan inspirasi dan berbagi pengetahuan melalui sosial media.

Selanjutnya strategi untuk meningkatkan kegiatan usaha distributor dan importir keramik dan semen, KOIN bakal memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efisiensi di bidang sales and marketing.

Baca Juga: Sektor properti lesu, produsen keramik fokus ke pasar ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×