kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

KLBF optimistis pasar farmasi domestik masih akan tumbuh


Minggu, 04 Februari 2018 / 18:37 WIB

KLBF optimistis pasar farmasi domestik masih akan tumbuh
ILUSTRASI. Vidjongtius, Presiden Director PT Kalbe Farma Tbk


Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berencana memperbesar porsi penjualan ekspornya tahun ini. Rencananya, emiten farmasi tersebut akan meningkatkan porsi penjualan ekspor tahun ini menjadi sekitar 7% dari sebelumnya 5% dari total penjualan perusahaan.

Direktur Utama KLBF Vidjongtius menampik jika rencana memperbesar porsi ekspor adalah upaya perusahaan untuk mengkompensasi pasar dalam negeri yang sudah mulai jenuh. "Kami ingin memaksimalkan peluang yang ada di luar negeri," ujarnya kepada KONTAN belum lama ini.


Penjualan dan laba bersih KLBF sepanjang 2017 memang meleset dari target. Kinerja keuangan perusahaan sepanjang tahun lalu diprediksi hanya tumbuh 4% hingga 5%. Padahal, sebelumnya manajemen menargetkan kinerja perusahaan bisa tumbuh antara 8% hingga 10%.

Penjualan tahun lalu memang melambat karena efek negatif sentimen daya beli. Tapi, bukan berarti hal ini menunjukan pasar dalam negeri sudah tidak bisa tumbuh.
Hal ini tercermin dari porsi penjualan ekspor hingga saat ini belum bisa terakselerasi. "Karena pasar domestik juga tetap tumbuh, makanya kontribusi ekspor tidak bisa naik secara drastis," jelas Vidjongtius.

 

 


Reporter: Dityasa H Forddanta
Editor: Sofyan Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×