kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Moncer, Lupromax Pelumas (LMAX) Berkomitmen Tebar Dividen ke Pemegang Saham


Kamis, 26 Oktober 2023 / 18:43 WIB
Kinerja Moncer, Lupromax Pelumas (LMAX) Berkomitmen Tebar Dividen ke Pemegang Saham
ILUSTRASI. Produk?PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) untuk mesin kapal laut.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) berhasil membukukan kontrak baru sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. LMAX mencatatkan pertumbuhan kontrak baru sebesar 32% secara year-on-year (YoY) menjadi Rp 43 miliar.

Direktur Utama LMAX, Kartiko Soemargono mengungkapkan, kinerja yang positif tersebut memungkinkan bagi LMAX  untuk merealisasikan kebijakan dividen maksimal 30% dari laba bersih tahun buku 2023 yang akan dibayarkan kepada para pemegang saham pada tahun depan.

Kartiko menyebut, untuk periode yang berakhir 30 September 2023, LMAX tercatat melanjutkan tren pertumbuhan kinerja keuangan, sejalan dengan pertumbuhan kinerja operasional dan sejumlah kontrak baru dari kerjasama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), pelanggan di sektor otomotif, hingga perkapalan.

“LMAX berkomitmen untuk membagikan dividen sebanyak-banyaknya 30% untuk tahun buku 2023,” kata Kartiko, Kamis (26/10).

Baca Juga: Archi Indonesia (ARCI) Gelar Program MESOP untuk 240 Juta Saham

Menurut Kartiko, produk Lupromax yang dipasarkan LMAX memiliki sejumlah keunggulan kompetitif, seperti jaringan yang luas di Indonesia dan produk pelumas berteknologi heat activated technology (HAT). LMAX juga sudah mendapatkan Certificate ISO 9001:2015 yang terkait dengan Quality Management System. Sertifikat ini diperoleh LMAX pada Agustus 2023.

Perolehan sertifikasi ini menunjukkan bahwa LMAX memiliki kemampuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dari sisi fungsi produk Lupromax, kualitas hingga kinerja. Dengan demikian, kata Kartiko, pada tahun ini LMAX mendapatkan sederet kontrak baru dengan sejumlah mitra bisnis. Pada 2023, LMAX bekerja sama dengan Gojek terkait penggantian oli mitra driver Gojek.  

GOTO dan Oto Jaya Distribusindo yang memiliki otoritas dari LMAX untuk menyalurkan Lupromax, telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Gojek Swadaya yang menyepakati pemberian akses kepada 1,25 juta mitra Gojek di Wilayah Jabodetabek untuk menggunakan Lupromax dengan harga dan promosi khusus. Periode kontrak kerja sama ini berlaku selama kurun satu tahun ke depan sejak efektif per 21 Agustus 2023.

Adapun beberapa kontrak lainnya yang diperoleh LMAX adalah kontrak pengadaan barang ke salah satu perusahaan otomotif nasional. Bahkan, emiten yang bergerak di bidang usaha pelumas dan pelumas aditif ini juga menerima perpanjangan dan penambahan kontrak pengadaan oli untuk perusahaan perkapalan, 

“Karena sejauh ini para mitra bisnis memandang positif LMAX yang mendapatkan dukungan penuh dari Lupromax International Group yang membawahi 13 negara,” kata Kartiko.

Baca Juga: United Tractors (UNTR) Kembali Akuisisi Perusahaan Nikel

Nelson Cheng selaku Author, Inventor dan CEO Lupromax International Pte Ltd members of Magna Group menegaskan dukungan grup terhadap LMAX untuk memperluas basis pasar di Indonesia, setelah sukses merambah sektor otomotif dan perkapalan. “Dan selanjutnya akan terus mengejar kerjasama dengan berbagai perusahaan di sektor perkapalan," ujar Nelson.

Lebih lanjut, Kartiko menambahkan, pada tahun depan LMAX akan menandatangani kontrak pengadaan barang ke salah satu perusahaan perkapalan nasional yang sahamnya juga sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). LMAX optimistis penjualan di sepanjang 2024 bisa mencapai Rp 70 miliar dan diyakini akan bertumbuh secara berkesinambungan pada tahun-tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×