kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Emiten Sektor Properti Masih Bergejolak, Begini Prospeknya Tahun Ini


Selasa, 20 Juni 2023 / 22:27 WIB
Kinerja Emiten Sektor Properti Masih Bergejolak, Begini Prospeknya Tahun Ini
ILUSTRASI. Sejumlah warga berjalan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (9/1/2023). Kinerja Emiten Sektor Properti Masih Bergejolak, Begini Prospeknya Tahun Ini.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kinerja emiten sektor properti pada kuartal I 2023 dinilai masih bergejolak sejak awal tahun 2023. Hal itu diprediksi masih akan terus berlanjut di sepanjang tahun ini.

Tren KPR saat ini masih menjadi pilihan pembiayaan untuk pembelian properti residensial. Menurut survei terbaru Bank Indonesia (BI), KPR mendominasi cara pembayaran rumah tapak, bahkan mendominasi sampai 74,8%. Lalu, diikuti oleh cicilan tunai sebesar 17,9% dan tunai 7,3%. 

Analis Ciptadana Sekuritas Asia, Yasmin Soulisa mengatakan, pembayaran dengan hipotek juga masih populer di kuartal-I 2023, karena tingkat hipotek tahunan turun menjadi 7,74% dibandingkan dengan 7,98% di kuartal sebelumnya. 

“Total nilai kredit perumahan dan apartemen yang disalurkan oleh industri perbankan terus meningkat di kuartal I 2023, meningkat sebesar 7,2% YoY, meskipun sedikit menurun dari 7,7% YoY di kuartal IV 2022,” ujarnya dalam riset Ciptadana Sekuritas Asia tertanggal 13 Juni 2023.

Baca Juga: Batas Harga Rumah Naik, Begini Prospek Emiten Properti

Namun secara triwulanan, pertumbuhan kredit perumahan dan apartemen melambat menjadi 1,7% QoQ dari 2,8% QoQ pada triwulan sebelumnya. 

“Sementara dari sisi penawaran, sebagian besar pengembang properti masih mengandalkan pembiayaan non bank berupa dana internal untuk pengembangan properti residensial yang mendominasi 73,3% dari total modal di kuartal I 2023,” paparnya.

Tren tersebut terjadi di saat pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 60/PMK.010/2023. 

Sebagai informasi, PMK Nomor 60/PMK.010/2023 diterbitkan sebagai bentuk perhatian khusus terhadap pemenuhan kebutuhan hunian layak huni dan terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Yasmin mengatakan, permintaan untuk properti residensial tetap lemah di kuartal I 2023, terutama penjualan untuk segmen menengah ke bawah yang menawarkan harga unit yang terjangkau. 

“Pembelian rumah masih didominasi oleh end user terutama untuk rumah tapak,” paparnya.

Sementara itu, investor individu yang membidik capital gain menarik dan pendapatan berulang, tetap mengambil pendekatan wait and see, menunggu situasi membaik. 

Baca Juga: Ini Alasan Adhi Commuter Properti (ADCP) Rombak Jajaran Pengurus

Dari sisi pasokan, persaingan tidak meningkat secara signifikan. Hal itu ditunjukkan dengan tidak adanya peluncuran proyek baru di kuartal pertama. 

“Kurangnya peluncuran baru di kuartal I 2023 menunjukkan bahwa pasar properti masih tetap stagnan saat ini,” ujarnya.

Yasmin menuturkan, beberapa pengembang menunda peluncuran proyek baru. Sebab, mereka lebih memilih untuk fokus membersihkan stok yang tidak terjual. 

“Alhasil, pada kuartal I 2023, harga rumah tetap datar dengan para pengembang lebih fokus pada peningkatan penjualan dengan menawarkan diskon dan promosi yang menarik daripada menaikkan harga,” tuturnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×