Reporter: Issa Almawadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) terus menggenjot pemasaran produknya ke luar negeri. Melalui produk minuman energi Extra Joss, produsen farmasi dan produk kesehatan ini tengah mulai membuka pasar di Filipina.
"Kami melihat adanya prospek minuman energi yang cukup baik di sana," tutur Direktur Keuangan sekaligus Sekretaris Perusahaan KLBF, Vidjongtius di Jakarta, Senin (4/2).
Untuk tahun pertama, Vidjong berharap adanya pertumbuhan penjualan sebesar 10%. Sementara, dirinya memperkirakan akan ada pertumbuhan hingga 30% dalam 2-3 tahun mendatang.
Vidjong semakin optimis melihat peluang bisnis minuman energi itu. "Apalagi merk Extra Joss sudah cukup kuat di sana (Filipina)," tambah Vidjong.
Dari sisi pangsa pasar, Vidjong sedikit kesulitan dalam menentukannya. Menurut dia, pangsa pasar baru bisa terlihat dalam 5 tahun mendatang.
Di sisi lain, KLBF juga percaya diri memasuki kawasan regional dan negara yang dibidik antara lain Vietnam dan Myanmar. “Kami masuk ke sana dengan menggandeng mitra lokal untuk memperkuat distribusi. Karena untuk tahap awal, memang butuh tangan-tangan lokal yang telah mengenal bisnis setempat,” kata Vidjong.
Setelah distribusi berjalan, selanjutnya KLBF masuk ke pabrikan komersial. "Ini kan butuh kesepakatan dua pihak, butuh waktu, dan harus ada yang diprioritaskan," jelas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News