kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,70   -3,43   -0.40%
  • EMAS932.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Jumlah penawaran masuk pada lelang SUN Selasa (3/8) diramal capai Rp 90 triliun


Minggu, 01 Agustus 2021 / 11:15 WIB
Jumlah penawaran masuk pada lelang SUN Selasa (3/8) diramal capai Rp 90 triliun

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Selasa (3/8) diperkirakan akan kembali ramai. Jumlah permintaan dinilai masih akan tetap tinggi seiring likuiditas saat ini yang masih berlimpah.

Head of Fixed Income Trimegah Asset Management Darma Yudha mengungkapkan, permintaan pada lelang Selasa masih tetap tinggi. Hal ini setidaknya akan didukung oleh dua faktor. Pertama, likuiditas di dalam negeri saat ini sedang berlimpah lantaran kelompok perbankan yang belum bisa menyalurkan kredit.

“Di satu sisi, yield US Treasury saat ini masih berada di sekitar 1,2% sehingga spread dengan SBN acuan 10 tahun masih tinggi. Oleh karena itu, jumlah penawaran yang masuk pada lelang Selasa seharusnya masih akan tetap tinggi,” kata Yudha ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (30/7).

Baca Juga: Likuiditas masih berlimpah, lelang SUN (3/8) diproyeksikan ramai peminat

Yudha melihat, jumlah penawaran yang masuk tidak akan banyak jauh berbeda dengan lelang SUN pada dua pekan sebelumnya. Saat itu, jumlah penawaran yang masuk mencapai Rp 95,55 triliun atau yang tertinggi kedua sepanjang tahun ini. 

Lebih lanjut, menurutnya investor asing sudah secara perlahan berada dalam posisi untuk masuk ke pasar SBN kembali. Ia menilai, kondisi Covid-19 di Indonesia yang dianggap sudah melewati titik puncaknya, serta nilai tukar rupiah yang stabil, bisa semakin mendorong investor asing untuk mulai masuk. 

Walau begitu, Yudha meyakini pemerintah tidak akan agresif dalam melakukan penyerapan pada lelang Selasa. Hal ini lantaran pemerintah dianggap belum memerlukan dana tambahan. Keperluan pendanaan selama PPKM juga bisa terpenuhi lewat realokasi anggaran, sehingga tidak perlu untuk terus menerbitkan SBN.

“Kelompok perbankan masih akan kembali mendominasi peserta lelang besok, seiring likuiditas yang masih berlimpah. Tapi di satu sisi, investor dari kelompok lain juga akan cukup banyak, karena suku bunga deposito saat ini rendah, sehingga akan beralih ke SBN,” imbuh Yudha.

Baca Juga: Pemerintah akan melelang tujuh seri SUN dengan target Rp 33 triliun pada Selasa (3/8)

Untuk lelang SUN Selasa, Yudha meyakini seri menengah-panjang masih akan jadi incaran para peserta untuk mengoptimalkan yield. Sementara dari segi yield, menurutnya tidak akan banyak jauh berbeda dari kondisi pasar pada penutupan hari ini.

Selanjutnya: Pemerintah gelar lelang SUN dengan target indikatif Rp 33 triliun pada Selasa (3/8)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×