kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JSMR Divestasi Saham PT Jasamaraga Transjawa Tol Masih Proses Finalisasi (UPDATE)*


Selasa, 10 Oktober 2023 / 05:05 WIB
JSMR Divestasi Saham PT Jasamaraga Transjawa Tol Masih Proses Finalisasi (UPDATE)*
ILUSTRASI. Ilustrasi Jalan Tol PT Jasa Marga


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengatakan bahwa divestasi saham PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) masih dalam proses diskusi dan finalisasi dengan pihak-pihak terkait.

Sebelumnya, JSMR dikabarkan tengah berencana melakukan divestasi 35% saham PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT). Penjualan saham tersebut ditaksir dapat menghasilkan setidaknya US$ 750 juta.

Melansir Bloomberg, Senin (9/10), kelompok yang dipimpin GIC Pte dan konsorsium yang dipimpin Indonesia Invesment Authority (INA) sedang dalam diskusi lanjutan mengenai saham TransJawa Tol.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Divestasi 35% Saham Jasamarga Transjawa Tol, Cek Rekomendasi Analis

Plh. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso, mengatakan, informasi yang diberitakan oleh Bloomberg bukanlah pernyataan dan informasi resmi dari manajemen Jasa Marga.

“Saat ini, kegiatan Equity Financing PT JTT masih berjalan dan dipersiapkan dengan matang melalui proses diskusi dan finalisasi yang seksama dengan calon mitra strategis dan para pemangku kepentingan,” ujar kepada Kontan.co.id, Senin (9/10).

Sebagai bagian dari implementasi Good Corporate Governance, kata Dwimawan, JSMR belum dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang shortlisted bidder, konsorsium yang tertarik untuk terlibat, timeline, hingga estimasi valuasi transaksi.

Sebab, klausul non disclosure agreement (NDA) menyangkut kerahasiaan yang mengikat antara JSMR dengan investor terkait.

“Yang bisa kami pastikan bahwa Equity Financing PT JTT merupakan salah satu strategi pendanaan berbasis ekuitas yang ke depannya dapat digunakan sebagai alternatif pendanaan infrastruktur jangka panjang,” ungkapnya.

Baca Juga: GIC dan INA Memperebutkan 35% Saham Jasamarga Transjawa Tol, Aset Strategis Bagi JSMR

Menurut laporan keuangan JSMR, per semester I 2023, pendapatan tol dari PT JTT mencapai Rp 1,32 triliun, atau setara 21,51% dari total pendapatan tol JSMR secara keseluruhan.

Rencana ini sudah pernah mencuat sebelumnya. Namun, sebelumnya perkiraan divestasi 35% saham PT Jasamarga Transjawa Tol ini hanya US$ 300 juta. Artinya, nilai divestasi yang dikabarkan Bloomberg lebih tinggi jika dibandingkan perkiraan sebelumnya.

 *UPDATE HAK JAWAB yang disampaikan oleh manajemen PT Jasa Marga Tbk.

Nomor: AD.HM.02.03.414 
Perihal Penyampaian Klarifikasi dan Hak Jawab 
Kepada Yth. Pemimpin Redaksi Kontan di Tempat 

Bersama surat ini kami bermaksud menanggapi sekaligus menyampaikan hak jawab terkait dengan pemberitaan di media cetak Harian Kontan tanggal 10 Oktober 2023 berjudul "Rodeo Aksi Jasa Marga Lepas Saham Transjawa Tol" pada halaman 1 (terlampir) dan pemberitaan di media massa www.kontan.co.id pada tanggal 9 Oktober berjudul : 
 
Jasa Marga (JSMR) Bakal Divestasi 35% Saham Tol Transjawa (terlampir) 
GIC dan INA Memperebutkan 35% Saham Jasamarga Transjawa Tol, Aset Stragegis Bagi JSMR (terlampir) 
Jasa Marga: Divestasi Saham PT Jasamaraga Transjawa Tol Masih dalam Proses Finalisasi (terlampir)

Kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Untuk dapat diketahui oleh rekan-rekan media, dapat kami sampaikan bahwa informasi yang diberitakan oleh Bloomberg bukanlah pernyataan dan informasi resmi dari manajemen Jasa Marga.

2. Kami mohon agar tim Kontan tidak membuat artikel berdasarkan artikel Bloomberg yang mengutip informasi dari narasumber tanpa identitas.

3. Kami mohon agar tim Kontan tidak menyebutkan besaran 35% saham seharga $750 juta dan tidak menyebutkan nama shortlisted bidder. Informasi ini bersifat spekulatif dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta berpotensi menimbulkan pertanyaan dan persepsi yang salah di publik.

4. Saat ini yang dapat kami sampaikan yaitu kegiatan Equity Financing PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) masih berjalan dan dipersiapkan dengan matang melalui proses diskusi dan finalisasi yang seksama dengan calon mitra strategis dan para pemangku kepentingan. Equity Financing PT JTT merupakan salah satu strategi pendanaan berbasis ekuitas yang ke depannya dapat digunakan sebagai alternatif pendanaan infrastruktur jangka panjang.

5. Sebagai bagian dari implementasi Good Corporate Governance, kami belum dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang shortlisted bidder, konsorsium yang tertarik untuk terlibat, timeline hingga estimasi valuasi transaksi, mengingat klausul NDA kerahasiaan yang mengikat antara kami dengan investor terkait.

6. Untuk itu kami meminta tim Kontan untuk menyesuaikan berita dimaksud sesuai dengan pernyataan resmi kami pada poin 4 dan tidak mengutip informasi dari artikel Bloomberg, tidak menyebutkan besaran 35% saham seharga $750 juta serta tidak menyebutkan nama shortlisted bidder dari narasumber tanpa identitas karena hal ini menimbulkan persepsi yang salah di publik.

Demikian klarifikasi dan hak jawab ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Dwimawan Heru Santoso 
Plh. Corporate Communication and Community Development Group Head 
PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Selanjutnya: Investasi Emas Jangan Asal Borong, Pahami Hal Ini Biar Cuan!

Menarik Dibaca: Terus Menunjukkan Penguatan, IHSG Melejit di Akhir Perdagangan 10 Oktober 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×