kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO Saham Kebab Baba Rafi Bisa Dipesan dengan Harga Rp 126, Bagaimana Prospeknya?


Selasa, 02 Agustus 2022 / 08:00 WIB
IPO Saham Kebab Baba Rafi Bisa Dipesan dengan Harga Rp 126, Bagaimana Prospeknya?
ILUSTRASI. IPO Saham Kebab Baba Rafi Bisa Dipesan dengan Harga Rp 126, Bagaimana Prospeknya?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) saham RAFI dari waralaba Kebab Turki Babarafi, PT Sari Kreasi Boga Tbk dimulai. Harga IPO saham RAFI Rp 126. Apakah IPO saham RAFI layak dikoleksi?

Penawaran IPO saham RAFI berlangsung selama 3 hari, yakni pada 1 hingga 3 Agustus 2022. Selanjutnya, pencatatan IPO saham di Bursa Efek Indonesia dijadwalkan pada 5 Agustus 2022.

Dalam prospektus yang diterbitkan, Senin 1 Agustus 2022,  RAFI akan melepas 948,09 juta saham atau setara 30,31% dari saham dicatatkan. Dus, RAFI berpotensi meraup dana segar senilai Rp 119,45 miliar.

Rencananya, dana dari hasil IPO ini bakal dipakai RAFI untuk pelunasan pembayaran rencana transaksi akuisisi PT Lazizaa Rahmat Semesta hingga Rp 13 miliar.

Sisanya akan dimanfaatkan untuk pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gudang, biaya gaji karyawan dan pemeliharaan.

Baca Juga: Pilih-pilih IPO JARR, AMMS, GOLD, dan RAFI, Tengok Tawaran Siapa Paling Murah

Prospek IPO saham RAFI

IPO saham RAFI mendapat sambutan yang cukup bagus dari kalangan investor. Lihat saja, pada saat Penawaran Awal (Bookbuilding) IPO saham RAFI yang berlangsung pada tanggal 18 – 22 Juli 2022, terdapat kelebihan permintaan.

Bookbuilding IPO saham RAFI kelebihan permintaan (oversubscribed) dua kali lipat dari porsi yang ditawarkan untuk pooling (penjatahan terpusat).

Terjadinya oversubcribed ini menandakan investor optimistis dengan prospek saham RAFI. Apalagi, IPO saham RAFI ini juga menawarkan pemanis.

Pemanisnya adalah Sari Kreasi Boga juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 474,04 juta Waran Seri I atau setara dengan 21,75% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor.

Adapun setiap pemegang dua saham berhak memperoleh satu Waran Seri I, yang mana setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegang sahamnya untuk membeli satu saham yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan Rp 158.

Waran Seri I ini dapat dilaksanakan menjadi saham Sari Kreasi Boga setelah enam bulan sejak diterbitkan, sampai dengan enam bulan berikutnya yaitu 6 Februari 2023 sampai dengan 7 Agustus 2023.

Dana yang dihimpun melalui Waran Seri I, apabila dilaksanakan oleh pemegang waran, akan digunakan untuk penambahan modal kerja Sari Kreasi Boga, antara lain pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gedung, biaya gaji karyawan dan pemeliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×