kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intraco Penta (INTA) Catatkan Kinerja Bertumbuh Sepanjang 2023


Jumat, 28 Juni 2024 / 16:58 WIB
Intraco Penta (INTA) Catatkan Kinerja Bertumbuh Sepanjang 2023
ILUSTRASI. Jajaran Direksi PT Intraco Penta Tbk (INTA) selepas RUPST 


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Intraco Penta Tbk (INTA), salah satu penyedia alat berat, alat konstruksi & pendukung, fabrikasi & infrastruktur, dan pembangkit listrik yang sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun di Tanah Air berhasil mencatatkan kinerja yang tumbuh positif sepanjang tahun 2023 lalu.

Direktur Utama PT Intraco Penta Tbk Petrus Halim mengatakan dari aspek keuangan, Perseroan mampu membukukan pendapatan sebesar Rp1,08 triliun, meningkat 63,58% dibandingkan tahun sebelumnya Rp661,31 miliar.

Peningkatan pendapatan ini mampu meningkatkan kinerja laba (rugi) Perseroan dengan mencatatkan penurunan rugi komperhensif tahun berjalan sebesar Rp64,36 miliar, yang lebih baik jika dibandingan dengan tahun 2022 sebesar Rp177,53 miliar.

Baca Juga: INTA Memacu Penjualan Produk Alat Berat

Sementara itu, jumlah aset dicatatkan meningkat sebesar 13,18% menjadi Rp2,47 triliun dari Rp2,19 triliun pada tahun 2022. Dengan pencapaian tersebut, Perseroan memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkembang pada masa mendatang.

 

“Dari aspek ketenagakerjaan, Perseroan juga menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan karyawan. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya gejolak hubungan industrial dengan karyawan sepanjang tahun 2023. Perseroan berupaya untuk memenuhi hak-hak normatif pekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Intraco Penta Tbk (INTA), Jumat (28/6/2024).

Adapun dalam menghadapi tantangan proyeksi perekonomian Indonesia, Perseroan memperkirakan prospek industri alat berat masih akan menunjukkan tren positif di tahun 2024 ini.

Baca Juga: Intraco Penta (INTA) Alokasikan Capex Rp 63 Miliar pada Tahun Ini

Perseroan memandang permintaan alat berat masih akan tetap tinggi. Untuk itu ditahun 2024 ini Perseroan akan berfokus dalam meningkatkan sinergi, pertumbuhan bisnis, implementasi tata Kelola perusahaan dan penguatan kesiapan organisasi untuk mencapai target kinerja keuangan dan operasional yang telah dicanangkan untuk tahun mendatang.

Perseroan senantiasa menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik sesuai dengan nilai dan budaya Perseroan di setiap aktivitas usahanya.

Setiap proses bisnis Perseroan dilaksanakan dengan mempertimbangkan aspek tata kelola, dan dengan demikian Perseroan dapat menambah nilai kompetitifnya di Indonesia.

Baca Juga: Produksi dan Penjualan Alat Berat Diprediksi Pulih Selepas Kuartal I-2024

Sisi lain, pada tahun ini, Petrus melanjutkan sektor industri lainnya seperti semen, harga semen cenderung rendah membuat perusahaan semen cenderung fokus dengan efisiensi dan efektifitas biaya produksi. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pabrikan dan distributor alat berat untuk dapat memberikan solusi ini.

LiuGong dengan produk unggulan Electric Vehicle (EV) product. Dengan di luncurkan big Wheel Loader (WL) oleh LiuGong, memberikan peluang bagi Perseroan masuk ke segmen alat produksi utama sektor industri semen ini.

Selanjutnya: Kompak, Cek Pergerakan Saham BBCA, BBRI, dan BMRI pada Bursa Akhir Juni 2024

Menarik Dibaca: 6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor Lo Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×