kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,17   -4,08   -0.41%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Sederet Strategi dan Target XL Axiata (EXCL) di 2023


Senin, 20 Februari 2023 / 19:06 WIB
Intip Sederet Strategi dan Target XL Axiata (EXCL) di 2023
ILUSTRASI. Pemeliharaan BTS; Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di tower yang berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk mengakui pada tahun ini persaingan telekomunikasi sangat ketat. Meski begitu, emiten berkode EXCL ini telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menceruk peluang di 2023. 

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, persaingan industri telekomunikasi di 2022 cukup ketat, terutama di periode kuartal keempat. 

"Konsumsi data oleh pelanggan XL Axiata tetap kuat terutama didorong oleh streaming video, yang kami perkirakan akan terus berlanjut di 2023," jelas dia, Senin (20/2). 

Baca Juga: Perkuat Infrastruktur, XL Axiata (EXCL) Menyerap Capex Rp 9 Triliun di 2022

Dian bilang ada sejumlah peluang positif di 2023 yang akan dimanfaatkan EXCL. Pertama, permintaan layanan fixed data pada segmen konsumen dan korporasi. 

Kedua, permintaan layanan digital yang masih akan tetap kuat pada tahun ini. Adapun CAGR untuk konsumsi data pengguna layanan seluler diproyeksikan mencapai 16% hingga 2026. 

Ketiga, permintaan pelanggan akan pelayanan yang mudah sekaligus lengkap. Menurut Dian, hal itu merupakan peluang untuk produk konvergensi EXCL yang bisa mendorong ARPU. 

"Tahun ini XL Axiata akan menggandakan strategi konvergensi dengan menambahkan lebih banyak fitur," kata dia. 

Baca Juga: Ditopang Segmen Data, XL Axiata (EXCL) Raup Pendapatan Rp 29,2 triliun di 2022

Selain itu, EXCL juga akan meningkatkan proposisi di segmen keluarkan hingga meluncurkan produk baru yakni e-SIM yang akan rilis pada semester pertama 2023. 

Untuk tahun ini, EXCL menargetkan pendapatan bisa tumbuh mid to high single digit dengan EBITA margin sekitar 49%. XL Axiata juga mengalokasikan belanja modal sekitar Rp 8 triliun. 

Adapun EXCL ini meraup pendapatan sebesar Rp 29,2 triliun atau tumbuh 8,92% secara tahunan di 2022. Dari sisi bottom line, laba bersih emiten halo-halo ini mencapai Rp 1,1 triliun. 

EBITDA XL Axiata tumbuh 7% dari periode yang sama tahun sebelumnya  dengan margin 49%, menjadi Rp 14,2 triliun. Lalu, blended ARPU EXCL naik menjadi Rp 39.000 dari Rp 36.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×