kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Prospek Pasar Saham Saat Suku Bunga Tinggi Dipertahankan Lebih Lama


Jumat, 15 September 2023 / 19:50 WIB
Intip Prospek Pasar Saham Saat Suku Bunga Tinggi Dipertahankan Lebih Lama
ILUSTRASI. Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Tribunnews/Jeprima


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. The Fed diperkirakan masih akan menahan suku bunga pada pertemuan FOMC tanggal 19 – 20 September 2023. Suku bunga tinggi yang dipertahankan lebih lama bakal berimplikasi pada kebijakan moneter negara-negara dunia.

Senior Portfolio Manager Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Samuel Kesuma menilai, kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) saat ini berada pada level paling restriktif sejak 2009, setelah menaikkan suku bunga dari 0,25% ke 5,5% sejak tahun lalu.

Tekanan inflasi AS saat ini dinilai sudah lebih melandai serta tekanan di sektor tenaga kerja juga mulai mereda. Efek tertunda dari akumulasi kenaikan suku bunga juga mulai semakin terasa di ekonomi, sehingga The Fed diperkirakan sudah mencapai puncak dari kenaikan suku bunganya.  

Hanya saja, The Fed diperkirakan masih menahan suku bunga di level tinggi dalam jangka waktu lebih lama (higher for longer). Data ekonomi AS yang lebih baik dari ekspektasi akan memaksa The Fed untuk tidak buru-buru menurunkan suku bunga, terutama karena risiko inflasi dinilai lebih besar ketimbang risiko pelemahan ekonomi.

Baca Juga: IHSG Menguat 0,34% ke 6.982 Pada Jumat (15/9), TPIA, BRPT, ESSA Jadi Top Gainers LQ45

Bank Indonesia (BI) diproyeksi juga akan mempertahankan tingkat suku bunga di level saat ini 5,75%. BI mengindikasikan bahwa masih terdapat alat kebijakan moneter selain mengubah suku bunga acuan yang dapat digunakan BI untuk menjaga stabilitas Rupiah seperti melakukan intervensi valuta asing dan menjaga imbal hasil obligasi di level menarik.

“Potensi turunnya suku bunga The Fed akan mulai terlihat apabila terdapat pelemahan kondisi ekonomi AS,” jelas Samuel dalam siaran pers, Jumat (15/9).

Menurut Samuel, kondisi suku bunga tinggi dapat memberi tantangan bagi kebijakan moneter negara lain. Sebab posisi suku bunga AS sebagai acuan dunia dapat membatasi ruang gerak bank sentral negara lain untuk mengubah suku bunga.

Selain itu, higher for longer dapat memicu apresiasi dolar AS yang bisa memberi tekanan terhadap mata uang negara lain. Pada akhirnya, penguatan dolar AS akan memaksa bank sentral lain untuk menahan tingkat suku bunga di level tinggi untuk menjaga stabilitas nilai tukar.

Kondisi suku bunga tinggi juga akan mendorong perusahaan untuk lebih bijak dalam mengalokasikan modal. Era suku bunga tinggi akan menyebabkan biaya pendanaan lebih mahal dan mendorong perusahaan untuk mengalokasikan modal dengan lebih efisien dan efektif.

“Positifnya, kondisi ini dapat menghasilkan kinerja dan profil laba emiten yang lebih berkualitas karena didorong oleh meningkatnya produktivitas, bukan karena leverage dari utang,” kata Samuel.

Sementara itu, ke depannya apabila efek suku bunga tinggi mulai mereda dapat melemahkan kembali posisi penguatan USD. Dari domestik, perkembangan struktural Indonesia dari pembangunan hilirisasi industri metal Indonesia dapat berdampak positif pada kinerja ekspor dan memberi kontribusi devisa untuk membantu menjaga stabilitas rupiah.

Baca Juga: Harga Saham BUKA Melemah, GOTO Melesat di Perdagangan Bursa Jumat (15/9)

Dalam kondisi ini, Samuel mencermati, bagi Manajer Investasi (MI) yang melakukan pengelolaan dengan strategi aktif akan menguntungkan karena analisa mendalam terkait kondisi operasional emiten dapat memberi nilai tambah untuk menghasilkan alpha jangka panjang.

Terkhusus di pasar saham, beberapa faktor dapat menjadi katalis di antaranya perubahan postur kebijakan The Fed di mana terdapat indikasi suku bunga tidak naik lagi. Dari internal, kondisi ekonomi Indonesia yang tetap stabil dapat mengembalikan minat investor domestik terhadap pasar saham.

Pasalnya, Indonesia dari perspektif makroekonomi sebenarnya merupakan pasar yang atraktif bagi investor saham seiring inflasi domestik yang terus melandai, sementara pertumbuhan ekonomi menguat.




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×