kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ini proyeksi pergerakan IHSG pekan depan menyambut hasil Rapat Dewan Gubernur BI


Minggu, 18 April 2021 / 15:40 WIB
Ini proyeksi pergerakan IHSG pekan depan menyambut hasil Rapat Dewan Gubernur BI
ILUSTRASI. IHSG berpotensi bullish dalam sepekan mendatang.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) akan berlangsung pada 19 April hingga 20 April 2021. Beberapa analis memproyeksi BI bakal mempertahankan suku bunga acuan dalam RDG bulanan kali ini.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas, Okie Setya Ardiastama menilai saat ini pelaku pasar menunggu keputusan Bank Indonesia. Melihat inflasi yang masih rendah dan proses pemulihan ekonomi masih bertahap, Bank Indonesia diprediksikan menahan suku bunga acuan untuk bulan ini.

"Saat ini tentu komitmen dari Bank Sentral terkait menjaga stabilitas moneter menjadi pertimbangan pelaku pasar," kata Okie kepada kontan.co.id, Minggu (18/4).

Okie melihat jika Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan tentu dapat menjadi tekanan pada kredit dan progress pemulihan. Sementara, jika Bank Indonesia menurunkan ada potensi aliran modal dapat kembali keluar. "Kami melihat IHSG berpotensi bergerak dalam rentang 6.062-6.169," ujarnya.

Dia juga memproyeksikan sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG pekan depan dari RDG BI dan juga komitmen BI guna menjaga stabilitas moneter. Selain itu rilis laporan kinerja keuangan emiten kuartal I menjadi salah satu yg ditunggu pelaku pasar.

Baca Juga: IHSG diproyeksi koreksi wajar pada Perdagangan Senin (19/4)

Senada, Analis BCA Sekuritas, Achmad Yaki menuturkan ekspektasi Bank Indonesia masih akan menjaga level suku bunganya. "IHSG secara mingguan masih cenderung bullish, karena selain sentimen suku bunga, data trade balance yang dirilis kemarin dan data vaksinasi dan penanggulangan wabah serta pemulihan ekonomi juga cukup bagus.

Selain sentimen tersebut, Yaki menilai sentimen tambahan akan berasal dari optimisme rilis kinerja laporan keuangan kuartal I-2021. Dari sana, BCA Sekuritas memproyeksikan pergerakan IHSG minggu depan berada di range 5.870-6.400 cenderung bullish.

Dengan kondisi tersebut, Yaki menyarankan investor untuk melakukan trading jangka pendek dengan menggunakan momentum seperti Ramadan dan Lebaran. Selain itu, juga dengan memperhatikan harga komoditas.

Baca Juga: Sejumlah sentimen ini akan mewarnai pergerakan IHSG pekan depan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×