kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45761,05   23,90   3.24%
  • EMAS1.013.000 -0,30%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Ini Investor Asing di Balik Crossing Saham TOWR


Senin, 10 Agustus 2020 / 17:39 WIB
Ini Investor Asing di Balik Crossing Saham TOWR
ILUSTRASI. Perusahaan menara dan infrastruktur telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR)

Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teka-teki di balik transaksi pengalihan (crossing) saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) yang terjadi pada Kamis (6/8) dan Jumat (7/8) lalu mulai terjawab. 

Dari informasi yang diperoleh KONTAN, crossing saham tersebut dilakukan oleh perusahaan manajemen investasi, T Rowe Price, melalui broker J.P Morgan. Nilai private placement mencapai Rp 1,7 triliun dan dikabarkan oversubcribe hingga 3,2 kali. 

T. Rowe Price merupakan perusahaan manajemen investasi asal Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki nilai asset under management (AUM) US$ 1,3 triliun. 

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1937 oleh Thomas Rowe Price, Jr. yang terkenal karena mengembangkan filosofi investasi saham pertumbuhan. Pada 2019, perusahaan ini berfokus pada manajemen aktif secara strategis memutuskan untuk tidak mengambil inisiatif besar dalam investasi pasif.

Baca Juga: Asing melepas saham-saham ini di tengah penguatan IHSG, Senin (10/8)

Selain T Rowe Price, fund manager lain yang juga melakukan crossing di saham ini yakni TIger Management Corp atau Tiger Fund. Namun, Wakil Direktur Utama PT Sarana Menara Nusantara Tbk Adam Gifari masih masih belum berkomentar terhadap transaksi tersebut. "Di transaksi ini, perseroan tidak terlibat. Jadi sulit berbicara soal ini," ujarnya kepada KONTAN, Senin (10/8). 

Seperti diketahui, pada perdagangan saham Kamis (6/8) lalu, terjadi transaksi tutup sendiri saham TOWR di pasar negosiasi sebesar Rp 1,7 triliun. Transaksi ini melibatkan 1,53 miliar saham. Lalu, pada hari Jumat, (7/8), saham TOWR juga banyak dijual asing dengan total net sell di seluruh pasar mencapai Rp 1,3 triliun. 

Alhasil pada akhir pekan lalu, saham TOWR sempat menyentuh auto reject bawah dan ditutup turun 6,09% dari hari sebelumnya. Di perdagangan hari ini, saham TOWR masih dilanda aksi jual dengan total net sell Rp 149,5 miliar. Namun, saham TOWR berhasil menguat 0,46% menjadi Rp 1.085 per saham. 

Baca Juga: IHSG Naik Tipis, Saham TLKM dan TOWR Paling Banyak Dilepas Investor Asing

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×