CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ini Alasan Antam (ANTM) Lakukan Spin-Off Sebagian Usaha Tambang Nikel ke Anak Usaha


Jumat, 01 Juli 2022 / 21:06 WIB
Ini Alasan Antam (ANTM) Lakukan Spin-Off Sebagian Usaha Tambang Nikel ke Anak Usaha
ILUSTRASI. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berencana melakukan pemisahan (spin-off) sebagian segmen usaha pertambangan nikel.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berencana melakukan pemisahan (spin-off) sebagian segmen usaha pertambangan nikel yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara. Spin-off ini akan dilakukan kepada dua entitas anak usaha ANTM, yaitu PT Sumberdaya Arindo (SDA) dan PT Nusa Karya Arindo (NKA).

Baik PT Sumberdaya Arindo (SDA) maupun PT Nusa Karya Arindo (NKA), merupakan anak perusahaan terkendali yang dimiliki secara langsung maupun tidak langsung 100% oleh ANTM dengan segmen usaha di bidang pertambangan.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (1/7), manajemen ANTM merinci terdapat sejumlah manfaat dari pemisahan (spin off) ini.

Pertama, melakukan pengembangan dan pengelolaan aset yang lebih optimal sehingga dapat mendukung pemenuhan permintaan terhadap komoditas dan produk olahan nikel.

Kedua, akselerasi pengembangan usaha dengan memiliki manajemen yang fokus, kompetitif, dan fleksibel dalam pengambilan keputusan dan peluang bisnis. Ketiga, membuka peluang kerja sama strategis guna melakukan pengembangan usaha dan mengantisipasi peluang bisnis ke depan.

Baca Juga: Kompak, Harga Saham GOTO & ANTM Anjlok di Perdagangan Bursa Jumat (1/7)

ANTM sebagai pemilik sumber daya nikel terbesar kedua di Indonesia memiliki inisiatif untuk memanfaatkan momentum peningkatan tren penggunaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), dengan berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem industri baterai EV. Dus, pemisahan ini merupakan salah satu langkah awal ANTM untuk mendukung penggunaan EV Battery.

Manajemen Aneka Tambang menjabarkan, terdapat empat faktor internal yang mendukung rencana ini.  Pertama, optimalisasi pengelolaan aset wilayah izin usaha pertambangan (WIUP). Anak perusahaan diharapkan dapat melakukan pengembangan dan pengelolaan aset WIUP yang lebih intensif dan efektif ke depannya, sehingga pemanfaatan aset nikel dapat dilakukan secara optimal untuk menghasilkan produk-produk akhir dari komoditas nikel yang berkualitas tinggi dan mendukung inisiatif hilirisasi nikel.

Kedua, akselerasi dan diversifikasi pengembangan usaha. Anak perusahaan yang menerima pemisahan juga diharapkan untuk menjadi lebih fokus, kompetitif, dan fleksibel dalam pengambilan keputusan dan peluang bisnis. Selain itu, rencana pemisahan merupakan salah satu upaya diversifikasi pengembangan usaha, khususnya sebagian segmen usaha nikel yang harapannya dapat mendukung inisiatif hilirisasi nikel.

Ketiga, potensi kerja sama strategis. Anak perusahaan yang menerima spin-off diharapkan dapat membuka kesempatan untuk melakukan kerja sama strategis untuk menciptakan nilai tambah bagi produk anak perusahaan dan memperkuat rantai pasok produksi komoditas nikel.

Keempat, penciptaan nilai tambah untuk pemegang saham. Terciptanya optimalisasi pengelolaan aset, akselerasi dan pengembangan usaha, dan potensi kerjasama strategis diharapkan mampu meningkatan kinerja keuangan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham sebagai tujuan akhir dari pemisahan.

“Dengan demikian, rencana pemisahan sebagai salah satu bentuk dari insiatif hilirisasi komoditas nikel merupakan langkah strategis yang dapat berkontribusi dalam pengembangan ekosistem industri baterai untuk kendaraan listrik nasional,” tulis manajemen ANTM, Jumat (1/7).

Emiten pelat merah ini akan  menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menyetujui usulan rencana pemisahan pada tanggal 23 Agustus 2022.

Baca Juga: Antam (ANTM) Berencana Spin-off Sebagian Segmen Pertambangan Nikel ke Anak Usaha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×