kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Industri Kripto Diproyeksi Tumbuh Signifikan pada 2024


Jumat, 08 Maret 2024 / 16:52 WIB
Industri Kripto Diproyeksi Tumbuh Signifikan pada 2024
ILUSTRASI. Industri Kripto Diproyeksi Tumbuh Signifikan pada 2024.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Industri kripto di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2024, seiring dengan peningkatan minat masyarakat dan dukungan regulasi yang lebih jelas. 

Menurut Hasan Fawzi, Dewan Komisioner Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK), Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto (IAKD) Otoritas Jasa Keuangan, jumlah investor aset kripto mencapai 18,83 juta orang pada Januari 2024, meningkat sebesar 320.000 dibandingkan bulan sebelumnya. Nilai transaksi aset kripto juga mencapai Rp48,82 triliun sepanjang tahun tersebut.

CEO Indodax, Oscar Darmawan, menyatakan bahwa tren ini akan terus berkembang mengingat pesatnya pertumbuhan kripto di Indonesia. Dia menambahkan bahwa total transaksi kripto pada tahun 2024 diperkirakan akan melampaui tahun sebelumnya, dengan pertumbuhan hingga 33%. 

Baca Juga: Orang Kaya Bakal Semakin Tajir, Robert Kiyosaki Beberkan Penyebabnya

Pihak berwenang juga menargetkan total transaksi mencapai Rp 800 triliun, didorong oleh halving Bitcoin dan altcoin seasons.

Oscar menyoroti potensi besar di Indonesia, terutama dengan lonjakan bonus demografi yang diharapkan pada tahun 2045. Sifat masyarakat Indonesia yang gemar mencoba hal baru dan takut ketinggalan tren dianggap sebagai pemicu utama meningkatnya transaksi kripto. 

"Dukungan regulasi yang terbuka juga berperan penting dalam perkembangan industri kripto di Indonesia," ujar Oscar dalam keterangannya, Jumat (8/3).

Pengaruh media dan artikel daring tentang halving Bitcoin juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap aset kripto.

Oscar menegaskan bahwa koin-koin seperti Ethereum juga menguat, menyebabkan fenomena altcoin seasons, yang memberikan opsi diversifikasi investasi bagi pelaku pasar.

Baca Juga: Powell Nyatakan Bakal Turunkan Suku Bunga, Ini Instrumen Investasi Yang Terangkat

Oscar menyatakan bahwa opsi diversifikasi ini memberi kesempatan lebih luas bagi investor untuk terjun ke dunia kripto, terutama bagi yang terbatas oleh biaya investasi.

Teknik Dollar Cost Averaging (DCA) dianggap sebagai strategi investasi yang menguntungkan, dengan fitur 'Investasi Rutin' yang disediakan oleh Indodax membantu investor untuk mendapatkan harga yang optimal.

Melalui fitur ini, investor dapat membeli lebih banyak aset saat harga rendah dan sedikit saat harga tinggi, menciptakan rata-rata harga pembelian yang lebih rendah secara rutin. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan potensi profit dan keuntungan bagi investor kripto di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×