kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Stabil Setelah Mencapai Rekor Seiring Makin Dekatnya Rilis Data Inflasi AS


Senin, 11 Maret 2024 / 17:45 WIB
Harga Emas Stabil Setelah Mencapai Rekor Seiring Makin Dekatnya Rilis Data Inflasi AS
ILUSTRASI. Harga emas bertahan stabil pada hari ini setelah mencapai serangkaian rekor tertinggi pekan lalu.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas bertahan stabil pada hari ini setelah mencapai serangkaian rekor tertinggi pekan lalu. Sementara investor menunggu data inflasi Amerika Serikat (AS)untuk mengetahui jadwal penurunan suku bunga AS.

Senin (11/3) pukul 17.40 WIB, harga emas di pasar spot turun tipis 0,01% ke US$ 2.178,76 per ons troi. Harga emas kontrak April 2024 di Commodity Exchange juga turun tipis 0,01% ke US$ 2.185,20 per ons troi.

Harga emas pekan lalu mencapai rekor terbaru dalam empat hari berturut-turut. Posisi tertinggi harga emas kini berada di US$ 2.194,99 per ons troi setelah data menunjukkan pasar tenaga kerja AS melambat.

“Emas terus bersinar di tengah ekspektasi penurunan suku bunga The Fed tahun ini. Pasar mungkin menunggu data inflasi AS yang akan datang,” kata analis riset senior FXTM, Lukman Otunuga kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Spot Datar di Level US$2.177,24 pada Senin (11/3) Siang

Data inflasi harga konsumen (CPI) AS untuk bulan Februari akan dirilis pada hari Selasa. Otunuga mengatakan, jika angka CPI lebih tinggi dari perkiraan, ekspektasi penurunan suku bunga The Fed bisa meningkat sehingga melemahkan harga emas. 

"Laporan yang bagus kemungkinan akan meningkatkan minat terhadap logam dengan imbal hasil nol (zero-yielding),” imbuh dia.

Para pelaku pasar memperkirakan kemungkinan lebih dari 70% bahwa The Fed akan mulai memangkas suku bunga pada bulan Juni, menurut CME FedWatch.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Senin 11 Maret 2024, Cek Daftarnya di Sini

Mencerminkan sentimen bullish, spekulan emas COMEX menaikkan posisi net buy mereka sebanyak 63.018 kontrak menjadi 131.060 dalam pekan yang berakhir 5 Maret.

"Dengan spekulan besar yang meningkatkan eksposur net-long pada laju mingguan tercepat dalam 3,5 tahun pada Selasa lalu, emas jelas dalam permintaan dan pasar tidak akan kekurangan dalam jangka waktu lama sementara para pedagang memperkirakan pemotongan suku bunga oleh The Fed," kata analis senior City Index Matt Simpson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×