kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar dana Rp 30 miliar melalui private placement, begini rencana Wintermar (WINS)


Kamis, 20 Mei 2021 / 20:34 WIB
Incar dana Rp 30 miliar melalui private placement, begini rencana Wintermar (WINS)
ILUSTRASI. Kapal perusahaan pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa transportasi pendukung lepas pantai untuk perusahaan migas PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) berencana untuk menggelar rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Dalam aksi private placement ini WINS akan melepas 250 juta saham. Adapun harga nominal saham baru tersebut ditetapkan Rp 100 per saham. Harga pelaksanaan penerbitan saham baru ditetapkan Rp 120 per saham.

Dengan demikian, melalui private placement ini, WINS berpeluang memperoleh dana segar sekitar Rp 30 miliar. Dana hasil penerbitan saham baru tanpa HMETD ini bakal digunakan untuk membiayai dan merealisasikan rencana pengembangan kegiatan usaha WINS.

"Dana hasil aksi korporasi ini akan disimpan sebagai cadangan karena sudah mulai ada aktivitas dan kami masih evaluasi beberapa proyek," kata Investor Relations Wintermar Offshore Marine Pek Swan Layanto kepada Kontan.co.id, Kamis (20/5).

Baca Juga: Wintermar (WINS) mencatatkan pendapatan US$ 10,2 juta pada Kuartal I 2021

Dia melihat sektor ini memiliki prospek yang baik. Dengan demikian WINS dapat mengembangkan kegiatan usaha sejalan dengan membaiknya industri minyak dan gas bumi di masa yang akan datang.

Sebagai informasi, aksi korporasi ini sejatinya sudah direncanakan sejak dua tahun silam. Manajemen WINS sudah memperoleh persetujuan pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham yang diselenggarakan pada 21 Mei 2019.

Dalam RUPS tersebut, pemegang saham memberi restu kepada manajemen WINS untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 423 juta saham baru. Ini setara 9,98% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dalam rencana awal, WINS berniat mengalokasikan 23 juta saham di antaranya untuk program kepemilikan saham karyawan, direksi dan komisaris. Sisa 400 juta saham akan diterbitkan sebagai private placement kepada investor.

Baca Juga: Utilisasi kapal meningkat, Wintermar (WINS) memangkas kerugian 7,4% pada 2020

Pek Swan menerangkan jumlah saham yang diterbitkan turun karena pihaknya juga terus memantau perkembangan pasar. Pasalnya dia melihat gelombang kedua Covid-19 cukup berdampak pada pasar.

Dia bilang calon investor yang akan masuk lewat private placement ini merupakan investor pribadi. Saham baru rencananya akan diterbitkan setelah mendapat persetujuan pencatatan saham tambahan dari BEI, selambat-lambatnya pada 20 Mei mendatang.

Sampai kuartal pertama tahun ini, Wintermar Offshore Marine mencatatkan pendapatan US$ 10,2 juta atau masih 21% di bawah level US$ 12,9 juta dari capaian pada periode yang sama tahun lalu. Meskipun demikian, Wintermar mampu memberikan kontribusi positif baik pada laba kotor, laba usaha maupun pada tingkat laba bersih komprehensif untuk kuartal pertama tahun 2021 karena langkah-langkah pengendalian biaya yang dilakukan pada tahun 2020.

Baca Juga: Private placement, WINS siap lepas 250 juta saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×