kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

IHSG diramal menguat, saham-saham ini layak dicermati


Jumat, 16 April 2021 / 06:50 WIB
IHSG diramal menguat, saham-saham ini layak dicermati


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan Kamis (15/4). IHSG menguat 29,225 poin atau 0,48% ke level 6.079,501.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, sektor transportasi dan logistik menguat paling tinggi hingga 2,10%. Setelahnya disusul sektor industri yang terkerek 1,63%. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengungkapkan, IHSG ditutup menguat terdorong imbauan Bank Indonesia (BI) terhadap perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit. Langkah ini diambil untuk mendukung UMKM dalam percepatan pemulihan ekonomi. 

Baca Juga: Indeks manufaktur diproyeksikan akan bertumbuh pada kuartal II 2021

Untuk perdagangan di akhir pekan, Jumat (16/4), Dennies memperkirakan IHSG melanjutkan penguatan. IHSG akan bergerak dengan level support 6.045 hingga 6.012 dan level resistance di 6.095 hingga 6.112. 

"Secara teknikal terlihat indicator stochastic masih melebar mengindikasikan IHSG masih akan melanjutkan potensi penguatan," ujarnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/4). 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, investor akan mencermati data-data perekonomian lainnya, seperti data pengangguran Amerika Serikat (AS), serta data industrial dan data GDP dari China.

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mencermati, pergerakan IHSG terlihat masih bergerak dalam rentang konsolidasi wajar pasca rilis data perekonomian neraca perdagangan. 

Baca Juga: Banyak sentimen positif, IHSG diperkirakan lanjut menguat pada Jumat (16/4)

Menurutnya, selama resistance level terdekat belum dapat ditembus, peluang koreksi wajar masih terbuka. "Namun mengingat stabil dan kuatnya kondisi perekonomian Indonesia, maka jika terjadi koreksi wajar para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek," ujarnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/4). 

Untuk perdagangan di akhir pekan Jumat (16/4), IHSG berpotensi bergerak terkonsolidasi di level 5.827 hingga 6.123. Beberapa saham yang dicermatinya seperti BBRI, TLKM, BBNI, UNVR, CTRA, KLBF, TBIG, dan BINA

Selanjutnya: PMI diproyeksikan tumbuh di kuartal II-2021, saham-saham ini layak dilirik

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×