kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Diprediksi Menguat pada Rabu (25/1), Ini Sentimen Pendorong


Rabu, 25 Januari 2023 / 08:22 WIB
IHSG Diprediksi Menguat pada Rabu (25/1), Ini Sentimen Pendorong
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia,


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan menguat pada Rabu (25/1). Pada perdagangan Selasa (24/1), IHSG ditutup melemah 0,20% atau 14,08 poin ke level 6.860,85.

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya mengatakan, pernyataan dana moneter internasional (IMF) tentang kondisi ekonomi global yang lebih baik dari perkiraan menjadi sentimen positif dan memberi optimisme di bursa saham.

"Seperti, penurunan inflasi di berbagai negara, pembukaan ekonomi China, dan pasar tenaga kerja yang dapat bertahan setelah kenaikan suku bunga The Fed yang agresif," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (24/1).

Selain itu, pelaku pasar sedang bersikap hati-hati menjelang pertemuan The Fed pada pekan depan.

Cheril menambahkan penguatan nilai tukar rupiah ke level tertinggi sejak September 2022 seiring melemahnya indeks Dollar turut jadi sentimen positif.

"Karena ekspektasi The Fed yang mengurangi agresifitasnya sehingga indeks dolar AS turun ke level terendah selama 8 bulan terakhir,"tuturnya.

Baca Juga: Bursa Asia Diperdagangkan Beragam Rabu (25/1) Pagi, Mengekor Wall Street

Di sisi lain, sentimen pekan ini cenderung sepi seiring masih liburnya bursa saham di sebagian wilayah Asia.

Cheril memperkirakan pada perdagangan Rabu (25/1), IHSG berpotensi konsolidasi menguat dengan bergerak dalam range area 6.800-6.900. Selain itu, pelaku pasar dapat mencermati saham EMTK, BUKA, dan BUMI.

Sementara, Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang menilai secara teknikal Stochastic RSI berada pada overbought area. Bersamaan dengan hal tersebut, terbentuk pola spinning top yang menjadi indikasi potensi koreksi lanjutan.

Dengan demikian, waspadai koreksi dengan pivot di 6.800 dan support kuat terdekat di 6740 (MA20). "IHSG akan berada di level resistance 6.880 dan support 6.740," tuturnya.

Alrich menjelaskan koreksi tersebut lebih sebagai koreksi wajar untuk keluar dari overbought area. Mengingat dari eksternal, mayoritas indeks global dan regional masih cenderung menguat hingga Selasa sore (24/1).

Menurut Alrich sentimen positif utama berasal dari ekspektasi pemulihan permintaan China dan dukungan dari penjabat The Fed terkait perlambatan kenaikan suku bunga acuan di FOMC Februari 2023.

Pada perdagangan Rabu (25/1), Alrich merekomendasikan beberapa saham yang dapat cermati pelaku pasar pada saham-saham yang tidak berada dalam overbought area, seperti BSDE, TLKM, CPIN, ACES, dan BIPI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×