kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG diprediksi kembali menguat tapi terbatas


Kamis, 23 Juni 2016 / 08:53 WIB
IHSG diprediksi kembali menguat tapi terbatas


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan mengalami penguatan pada perdagangan hari ini, Kamis (23/6)  namun dalam rentang yang terbatas. Pasalnya, indikator teknikal indeks masih menunjukkan adanya sinyal pergerakan positif.

Lanjar Nafi, analis Reliance Securities mengatakan, secara teknikal IHSG telah mulai menyentuh area upper bollinger bands. Indikator stochastic pun mulai memasuki area overbought dengan penyempitan ruang pergerakan mendekati signal dead-cross yang mulai terlihat sedangkan indikator RSI yang baru saja berhasil break out MA15 dari momentumnya masih memberikan signal positif yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, dia memperkirakan IHSG masih akan bergerak menguat terbatas dengan range pergerakan 4.846-4.920. "Saham-saham yang masih dapat dicermati di antaranya ACES, BBCA, BBTN, BMTR, INDF, JSMR." kata Lanjar dalam riset yang diterima KONTAN, Kamis (23/6).

Pada perdagangan kemarin (22/6), IHSG bergerak cenderung menguat tertahan dengan ditutup menguat 18.14 poin atau 0.37% di level 4.896,85 dengan volume yang cukup tinggi hingga 7.7 triliun lembar saham. Aksi beli investor asing kemarin membawa dampak positif dan kembali mampu mendorong IHSG.

Sektor aneka industri memimpin penguatan disusul oleh sektor trading. Investor asing masih tercatat melakukan aksi beli sebesar Rp 341.75 miliar meskipun nilai tukar rupiah sempat tertekan hingga 0.28% di saat mata uang regional dan global menguat menjelang laporan persediaan minyak di AS yang diperkirakan kembali menurun hingga 1.5 juta barrel.

Bursa Asia ditutup mixed dengan penguatan pada bursa saham di China dan pelemahan pada bursa saham di Jepang. Penguatan Yen hingga 0.3% kemarin menjadi penekan bursa Jepang di saat bursa Hong Kong, shanghai dan Singapura kembali melonjak hampir 1%. Harga komoditas rata-rata menguat dipimpin oleh harga minyak dan tembaga. Hasil survey Brexit yang turun menjadi 26% dari 43% mampu membawa kembali optimisme pasar.

Bursa Eropa dibuka terkonsolidasi menguat seiring penguatan nilai tukar pondsterling yang merefleksikan penurunan survey brexit hingga 26% dari 43% ditambah menguatan harga minyak yang mampu menekan laju USD. Investor masih akan terus memantau hasil referendum di UK yang akan diselenggarakan hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×