kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,02   -7,36   -0.74%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG dekati level 6.000, waspada profit taking di perdagangan besok


Kamis, 15 November 2018 / 19:55 WIB
IHSG dekati level 6.000, waspada profit taking di perdagangan besok
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Auriga Agustina, Yusuf Imam Santoso | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat 1,66% ke level 5.995 pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (15/11). Tercatat asing melakukan pembelian dengan net buy Rp 1,37 triliun.

Analis Paramitra Sekuritas Kevin Judio mengatakan, pergerakan IHSG hari ini didukung dengan BI yang akhirnya menaikkan lagi suku bunga acuan ke 25 basis poin menjadi 6%.

Menurutnya hal ini sangat diapresiasi oleh pelaku pasar, karena sebelumnya konsensus mengatakan bahwa BI rate akan stagnan 5,75% namun nyatanya tidak demikian. Asing terlihat pede masuk dengan catatan net buy hari ini Rp 1,37 triliun di pasar keseluruhan.

Menurutnya, IHSG besok masih memiliki ruang penguatan. Dengan sentimen yang sama, investor asing juga diperkirakan masih akan mencatatkan net buy.

Kevin mengungkapkan, IHSG masih memiliki penguatan yang cukup baik hingga akhir November, sebab langkah BI untuk menaikkan suku bunga di bulan ini adalah hal yang tepat.

"Langkah BI adalah hal yang tetap untuk menahan asing melakukan net buy dan tidak melakukan net sell, karena BI mencuri start menaikkan suku bunga terlebih dahulu ketimbang The Fed," ujarnya Kepada Kontan. Sekadar mengingatkan, bank sentral AS Federal Reserve  diperkirakan akan menaikkan suku bunganya pada bulan Desember mendatang.

Kevin memprediksi, IHSG besok berada di level 5.891 - 6.012.

Sedangkan William Surya WIjaya Analis Indosurya memprediksi IHSG besok menguat ditopang faktor regional yang cukup baik. Sedangkan sampai akhir tahun, dia memperkirakan penguatan IHSG masih ditopang sentimen dalam negeri.

Dia memprediksi IHSG besok akan menguat di level 5.812 - 6.008.

Waspada profit taking

Kepala Riset Narada Kapital Indonesia, Kiswoyo Adi Joe melihat, IHSG menguat ditopang investor yang menggunakan kesempatan beli setelah turun di awal pekan karena kabar adanya pembobotan ulang indeks oleh Bursa Efek Indonesia.

Tapi, dia melihat, ada level psikologis, yaitu jika di atas 5.750 menuju 6.000 maka akan ada koreksi terlebih dahulu.

“Indeks hari ini mencatatkan kenaikan karena adanya rebound dari posisi penutupan kemarin,” Papar Kiswoyo kepada KONTAN, Kamis (15/11).

Adapun perkiraan IHSG untuk besok, Kiswoyo memprediksi tetap menguat, dengan pergerakan di kisaran 5.850 hingga 6.100. Tetapi, investor perlu berhati-hati dengan aksi profit taking bila menembus level 6.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×