kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Berpotensi Technical Rebound pada Senin (20/3), Cek Saham Rekomendasi Analis


Minggu, 19 Maret 2023 / 14:52 WIB
IHSG Berpotensi Technical Rebound pada Senin (20/3), Cek Saham Rekomendasi Analis
IHSG Berpotensi Technical Rebound pada Senin (20/3), Cek Saham Rekomendasi Analis


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi lanjut menguat pada Senin (20/3). IHSG ditutup menguat 1,71% atau naik 112,50 poin ke posisi 6.678,23 pada Jumat (17/3). 

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memproyeksikan IHSG akan menguji support di level 6.616 dan resistance di level 6.697 seiring dengan dukungan kebijakan bank sentral soal likuiditas.

"Masih dalam rangka dukungan akan kebijakan penanaman likuiditas bagi bank yang mengalami masalah dan juga adanya technical rebound pada IHSG," tutur dia kepada Kontan akhir pekan lalu. 

Baca Juga: BBCA dan BMRI Terbesar, Saham-Saham Ini Paling Banyak Dijual Asing Selama Sepekan

Sementara dari dalam negeri, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menuturkan pergerakan IHSG masih akan didorong oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai pembagian dividen.

Diharapkan pembagian dividen ini dapat memulihkan mood pelaku pasar setelah tekanan yang terjadi dalam sepekan terakhir. Adapun selama periode 13-18 Maret 2023, IHSG ambles 1,29%.

"RUPS serta pengumuman pembagian dividen tampaknya masih mampu memulihkan mood pelaku pasar," ucap Ivan. 

Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas Rio Febrian secara teknikal menjabarkan IHSG membentuk pola white marubozu yang didukung kenaikan signifikan volume transaksi pada Jumat (17/3). 

Baca Juga: Asing Banyak Menjual Saham Ini Saat IHSG Rebound pada Perdagangan Jumat (17/3)

Bersamaan dengan rebound tersebut, Stochastic RSI membentuk golden cross pada oversold. Rio bilang hal tersebut membuka peluang technical rebound lanjutan di Senin (20/3).

 

Harga saham-saham energi, terutama coal producers berpotensi melanjutkan rebound. Hal itu akan dipicu oleh ekspektasi normalisasi harga komoditas. "Ini menyusul pertemuan antara Arab Saudi dengan Rusia pada Rabu (16/3)," imbuh Rio. 

Dari sektor energi investor bisa mencermati ADRO, PTBA, ITMG, HRUM dan UNTR. Kemudian dari sektor perbankan saham yang bisa dilirik ada BBRI, BMRI, BRIS, BBTN dan BBYB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×