kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IHSG ambles dalam, harga 3 saham ini malah melesat


Senin, 16 September 2019 / 09:33 WIB

IHSG ambles dalam, harga 3 saham ini malah melesat
ILUSTRASI. Pekerja Melakukan Perawatan Kilang di Medco Energi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekitar 15 menit pertama perdagangan saham, Senin (16/9), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun lumayan dalam.

Bergerak turun sejak awal perdagangan, IHSG berangsur turun lagi ke angka indeks 6.202,64. Itu berarti indeks utama di bursa saham Indonesia ini sempat anjlok hingga 2,09% dari penutupan pekan lalu. 


Penurunan IHSG itu ternyata sejalan dengan iklim sektoral. Dari 10 indeks sektoral di Bursa Efek Indonesia, delapan di antaranya negatif. Mereka adalah sektor Infrastruktur (-0,35%), Aneka Industri (-0,66%), Perdagangan (-0,81%), Konstruksi (-0,91%), Keuangan (-1,05%), Industri Dasar (-2,82%), Manufaktur (-4,83%) dan Barang Konsumsi (-6,98%).

Adapun dua indeks sektoral yang positif alias naik adalah sektor Tambang (0,35%) dan Pertanian (0,16%).

Tampak bahwa penurunan terdalam perdagangan ini menimpa indeks sektor Barang Konsumsi. Adapun kenaikan paling tinggi dialami indeks sektor Tambang.

Baca Juga: Trump: AS siap menembak, membalas serangan terhadap Saudi

Terdorong sendimen kenaikan harga minyak menyusul krisis pasokan minyak Arab Saudi, harga saham MEDC, ELSA dan ENRG kompak menghijau

Kenaikan harga tertinggi terjadi pada saham Elnusa Tbk (ELSA), sedangkan kenaikan terendah dialami saham Energi Mega Persada Tbk (ENRG).

Baca Juga: Dituduh berada di balik serangan fasilitas Aramco, Iran siap berperang dengan AS

Saham Energi Mega Persada Tbk (ENRG) menyentuh harga Rp 64. Ini berarti harga saham ini naik 3,28% dibanding penutupan Jumat (13/9). Saham ini sempat menyentuh harga tertinggi Rp 66, sebelum kemudian melandai lagi.

Saham Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) ada di harga Rp 810 per saham pada waktu yang sama. Dibandingkan penutupan Jumat (13/9), harga saham MEDC itu melompat 6,67%. MEDC juga sempat mencapai harga tertinggi Rp 830 meski kemudian turun lagi.

Saham yang lain, yaitu Elnusa Tbk (ELSA) hinggap di harga Rp 350 per saham. Dibandingkan dengan penutupan Jumat (13/9), harga saham ELSA naik 8,33%.

Artikel ini telah diperbarui seusai perkembangan bursa terbaru: IHSG merosot 1,82%, tapi 2 saham emiten minyak ini berjaya.


Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana

Video Pilihan


Close [X]
×