kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG ambles, investor bisa melakukan ini


Senin, 02 Maret 2020 / 21:24 WIB
IHSG ambles, investor bisa melakukan ini
ILUSTRASI. Karyawan menggunakan masker melintas di depan papan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin (2/3). Terkait penurunan indeks dan antisipasi virus corona BEI mulai hari Senin kemarin mencabut daftar efek short selling sampai dengan batas wak


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) semakin ambles usai pemerintah resmi mengumumkan Indonesia terpapar virus corona pada Senin (2/3). Hal tersebut, terbukti semakin mendekatkan indeks saham ke level psikologis 5.000.

Direktur PT Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan, sampai saat ini Manager Investasi (MI) masih menerapkan racikan yang sama dalam pengelolaan portfolio.

"Tidak ada strategi khusus, saham yang valuasinya murah akan dibeli, sementara yang valuasinya sudah mahal akan dihindari," jelas Rudiyanto kepada Kontan.co.id akhir pekan kemarin.

Baca Juga: Dua WNI positif corona, IHSG anjlok 1,68% ke 5.361 pada akhir perdagangan hari ini

Dia menjelaskan, seiring dengan penurunan IHSG dalam beberapa pekan terakhir, diakui memang semakin banyak tersedia saham dengan valuasi murah. Selanjutnya, MI tinggal menyesuaikannya dengan kondisi likuiditas yang tersedia di reksadana.

Adapun terkait merebaknya kekhawatiran terhadap efek wabah virus Corona, diprediksi bakal berdampak bagi sektor riil seperti pariwisata, komoditas dan aktivitas bisnis.

Meskipun begitu, harapannya sentimen Corona bisa segera berlalu dan harga saham bisa kembali rebound saat kondisi membaik.

Sementara itu, PAM juga telah merivisi turun target IHSG untuk 2020 dari sebelumnya di kisaran 7.300-7.500 menjadi 7.100-7.300.

Rudiyanto menegaskan, apabila efek corona (Covid19) berlanjut akan sangat mungkin target IHSG kembali direvisi, mengingat dampaknya bakal berimbas langsung ke sektor riil.

"Saat ini kami masih melihat perkembangan, kemungkinan revisi lagi ada kalau situasinya tidak membaik," ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×