kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ICTSI Jasa Prima bidik 4 tender operator pelabuhan


Rabu, 13 Desember 2017 / 08:48 WIB
ICTSI Jasa Prima bidik 4 tender operator pelabuhan


Reporter: Riska Rahman | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) tengah mengincar empat tender operator terminal pelabuhan. "Ada beberapa pelabuhan yang sudah masuk incaran kami," ujar Albertus Sumadi, Komisaris Independen KARW di Jakarta, Selasa (12/12).

Beberapa pelabuhan yang jadi incaran KARW di antaranya adalah Pelabuhan Patimban di Jawa Barat dan Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat. Lalu ada Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatra Utara, dan Pelabuhan New Makassar Port di Sulawesi Selatan.

Ekspansi ini dilakukan untuk memperluas bisnis KARW di bidang operator terminal pelabuhan. "Saat ini kami baru beroperasi di Terminal III Tanjung Priok, bekerja sama dengan Pelindo II, serta di Makassar Container Terminal yang bekerja sama dengan Pelindo IV," imbuh Sumadi.

Namun, Direktur Keuangan KARW Antonio M Andrade menuturkan, pihaknya masih belum mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk perluasan area operasi tersebut. Ini karena nilainya masih bergantung dengan hasil tender.

Antonio memperkirakan, dana belanja modal (capex) yang dibutuhkan KARW di 2018 mencapai US$ 1 juta. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding capex KARW di 2017 yang sebesar US$ 700.000. Dana yang diperoleh dari kas internal itu, akan digunakan untuk keperluan rutin, seperti pemeliharaan peralatan.

Tahun depan, KARW masih harus menghadapi beban pokok pendapatan yang tinggi. Sehingga, perusahaan ini tak memasang target pertumbuhan kinerja yang terlalu besar.

Antonio mengatakan, pendapatan dan laba bersih KARW diperkirakan hanya akan tumbuh maksimal 5% di tahun depan. "Beban pokok pendapatan yang besar membuat laba kami tak bisa tumbuh terlalu tinggi," ujar dia.

Kinerja KARW di tahun ini juga masih melambat. Perusahaan juga pesimistis bisa mencetak kinerja sesuai target awal. Pasalnya, hingga kuartal III-2017, KARW mencatat pendapatan sebesar US$ 5,87 juta. Padahal KARW menargetkan pendapatan di tahun ini bisa mencapai US$ 7,5 juta.

Sementara itu, laba bersihnya baru mencapai US$ 1,74 juta. Jumlah ini masih jauh dari target perusahaan di akhir tahun yang sebesar US$ 2,59 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×