kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Hingga siang ini, harga emas spot masih bertahan di US$ 1.504,79 per ons troi


Senin, 16 September 2019 / 12:57 WIB

Hingga siang ini, harga emas spot masih bertahan di US$ 1.504,79 per ons troi
ILUSTRASI. Emas batangan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot masih bertahan di angka psikologis. Senin (16/9) pukul 12.55 WIB, harga emas spot berada di harga US$ 1.504,79 per ons troi, naik 1,09% dibandingkan penutupan sebelumnya.

Sementara pada pukul 7.10 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2019 di Commodity Exchange naik 0,98% ke US$ 1.515,40 per ons troi ketimbang Jumat lalu US$ 1.499,50 per ons troi.

Serangan 10 drone ke fasilitas pengolahan minyak Abqaiq Arab Saudi pada Sabtu (14/9) akan memengaruhi pergerakan pasar global pekan ini. Selain gangguan pasokan besar-besaran, serangan ini juga meningkatkan kekhawatiran investor tentang situasi geopolitik Timur Tengah dan memburuknya hubungan antara Iran dan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Harga minyak melejit, normalisasi pasokan perlu waktu berminggu-minggu

Hal inilah yang menyebabkan harga emas kembali melaju meski tidak setinggi lonjakan harga minyak. "Serangan ke fasilitas pengolahan minyak Abqaiq akan berdampak sepanjang pekan ini di pasar global," kata Ray Attrill, head of forex strategy National Australia Bank kepada Reuters.

Kelompok Yaman Houthi telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Tapi, seorang pejabat senior AS kemarin mengatakan  bahwa bukti menunjukkan Iran berada di balik serangan. Presiden AS Donald Trump pun mengatakan AS siap merespons jika ada serangan ke fasilitas minyak Arab Saudi.

Baca Juga: The Fed diramal menggunting suku bunga, IHSG berpotensi menguat

Selain faktor geopolitik, harga emas pekan ini juga akan menunggu arah kebijakan moneter Federal Reserve. Pasar berharap The Fed akan menurunkan suku bunga setelah pekan lalu European Central Bank menggunting suku bunga simpanan menjadi -0,5%.


Reporter: Handoyo, Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×