kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Harga Saham Milik Lo Kheng Hong Ini Naik 17% Dalam Sehari, Bagaimana Prospeknya?


Jumat, 29 Juli 2022 / 07:41 WIB
Harga Saham Milik Lo Kheng Hong Ini Naik 17% Dalam Sehari, Bagaimana Prospeknya?
ILUSTRASI. Harga Saham Milik Lo Kheng Hong Ini Naik 17% Dalam Sehari, Bagaimana Prospeknya?


Reporter: Akmalal Hamdhi, Noverius Laoli | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT Global Mediacom Tbk (BMTR), salah satu saham yang dikoleksi investor ulung Lo Kheng Hong, meningkat pesat pada perdagangan Kamis 28 Juli 2022. Dengan lonjakan harga saham tersebut, bagaimana prospek BMTR ke depan?

Harga saham BMTR ditutup di level 330 naik 48 poin atau 17,02% pada perdagangan hari Kamis 28 Juli 2022. Harga saham BMTR ini merupakan yang tertinggi sejak Agustus 2020.

 

Pemegang saham perusahaan yang menjadi induk usaha PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) salah satunya adalah investor kawakan Lo Kheng Hong. Lo Kheng Hong tercatat mengempit 6,55% saham BMTR.

Sementara pemegang mayoritas saham BMTR ini adalah PT MNC Investasi Tbk yakni sebesar 45,75%. Sementara sisanya dimiliki masyarakat 47,80%.

Kenaikan harga saham BMTR pada hari Kamis ternyata dipicu salah satu isu yang beredar. Hal itu dikemukakan oleh Lukas Setia Atmaja penulis buku Lo Kheng Hong: Orang Miskin yang Menjadi Triliuner di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Termasuk Blue Chip, Apakah Saham INDY Layak Dibeli?

Mengutip Instgram @lukas_setiaatmaja, Lukas mengatakan, Lo Kheng Hong kemarin pergi ke Labuan Bajo dan berjumpa dengan Hary Tanoesoedibjo yang juga Direktur Utama BMTR.

"Pak Lo Kheng Hong kemarin "berlayar dari Labuan Bajo" sampai di RUPS BMTR hari ini dan berjumpa dengan Pak @hary.tanoesoedibjo sbg Direktur Utama BMTR," ujar Lukas.

Kemudian Lukas memberikan catatan, "Note: Hari ini harga saham BMTR maupun MNCN naik banyak karena ada info saat RUPS tentang rencana merger BMTR dengan MNCN," tulis Lukas.

 

 

Lukas menjelaskan kepada salah satu followernya yang bertanya soal merger itu. Ia bilang bahwa tujuan merger ini agar bisnis BMTR dan MNCN lebih terintegrasi. 

Prospek saham BMTR

Meski naik tinggi, harga saham BMTR ini masih terbilang turun dalam lima tahun terakhir. Harga saham BMTR pernah di level 2.000 pada tahun 2013.

Sedangkan dalam 5 tahun terakhir, harga saham BMTR tertinggi di level 730 pada 3 Februari 2018. Sejak saat itu, harga saham BMTR terus melorot.

Pada tahun 2022 ini, harga saham BMTR cenderung bergerak di level 240-290. Harga saham BMTR terendah di level 240 terjadi pada tanggal 20 Januari 2022.

Potensi kenaikan harga saham BMTR sangat terbuka karena kinerja perusahaan yang baik. Global Mediacom tengah menyiapkan studio terintegrasi dan terpadu satu pintu yaitu Movieland. Proyek tersebut diproyeksikan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang.

Untuk diketahui, proyek Movieland tersebut menempati lahan seluas 21 hektare (Ha) dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) MNC Lido City, Bogor, Jawa Barat. Proyek ini digarap oleh PT MNC Studios Internasional Tbk (MSIN), yang juga merupakan anak usaha PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Head of Investor Relations MNCN Luthan Fadel mengatakan, konsep dari Movieland ini dibuat untuk proses produksi konten berbasis outdoor atau di luar ruangan.

Rencananya, Movieland akan memiliki studio indoor seluas 1.500 meter persegi dengan layar hijau raksasa dan set khusus lainnya untuk mendukung proses produksi film dan serial drama. Hal ini melengkapi studio yang sebelumnya telah ada di Kebon Sirih untuk kebutuhan produksi konten indoor.

"Nantinya akan ada perkotaan, perkampungan, stasiun, airport. Untuk proses produksi konten kami yang berbasis outdoor," ujar Luthan dalam paparan publik BMTR, Kamis (28/7).

Luthan melanjutkan, proyek ini telah dimulai sejak tahun lalu, dan diproyeksikan selesai di tahun 2023. Untuk tahap II pembangunan Movieland diharapkan rampung pada akhir tahun 2022, dan dilanjutkan ke tahap selanjutnya di tahun depan.

Adapun sekitar Rp 300 miliar telah diinvestasikan untuk pembangunan Movieland selama 3 tahun. Kehadiran Movieland ini diharapkan BMTR dapat membantu produksi film Indonesia menjadi efisien karena terintegrasinya seluruh tahapan produksi mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi dalam satu tempat.

BMTR juga berencana menjadikan kawasan ini sebagai pusat produksi film dan drama series (TV & OTT) terbesar di Asia Tenggara. Kawasan Movieland diprioritaskan untuk pendukung produksi konten perusahaan secara konsolidasi.

Itulah rekomendasi saham BMTR untuk perdagangan hari ini, Jumat 28 Juli 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham BMTR di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×