kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Turun 4%, Rabu (3/5): Brent ke US$72,47 dan WTI ke US$68,74


Kamis, 04 Mei 2023 / 00:13 WIB
Harga Minyak Mentah Turun 4%, Rabu (3/5): Brent ke US$72,47 dan WTI ke US$68,74
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah turun 4% pada hari Rabu (3/5), memperpanjang penurunan tajam pada sesi sebelumnya. Investor mengkhawatirkan kesehatan ekonomi Amerika Serikat (AS) menjelang perkiraan kenaikan suku bunga The Fed.

Melansir Reuters, harga minyak Brent turun US$2,85 atau 3,8%, menjadi US$72,47 per barel pada pukul 12:29 malam. Harga minyak Brent mencapai sesi terendah US$71,70 per barel, terendah sejak 20 Maret.

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$2,92 atau 4,1% menjadi US$68,74. WTI turun ke sesi terendah US$67,95 per barel, terendah sejak 24 Maret.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Terus Turun Rabu (3/5), Brent ke US$74,25 dan WTI ke US$70,51

Kedua tolok ukur harga minyak mentah turun 5% selama sesi sebelumnya, ketika mencatat penurunan persentase harian terbesar sejak awal Januari.

"Federal Reserve diperkirakan akan memberikan kenaikan seperempat poin lagi hari ini sebagai bagian dari pertempuran jangka panjang melawan inflasi," kata analis PVM Oil Stephen Brennock.

Dia menambahkan bahwa kekhawatiran tentang kesehatan sektor perbankan AS dan data pekerjaan AS yang suram "tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan kekhawatiran bahwa ekonomi AS sedang menuju resesi yang dangkal."

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga 25 basis poin dan Bank Sentral Eropa juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakannya pada hari Kamis.

Kenaikan suku bunga dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menekan permintaan energi.

Harga minyak memperpanjang penurunan setelah data pemerintah menunjukkan persediaan bensin AS secara tak terduga naik 1,7 juta barel pekan lalu. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 1,2 juta barel.

"Hal yang paling menonjol adalah bahwa permintaan bensin mengembalikan semua kenaikan yang telah kita lihat di minggu-minggu sebelumnya," kata Andrew Lipow, Presiden Lipow Oil Associates di Houston.

Persediaan minyak mentah AS turun 1,3 juta barel dalam seminggu, dibandingkan dengan perkiraan penurunan 1,1 juta barel.

Harga energi juga berada di bawah tekanan setelah data dari China selama akhir pekan menunjukkan aktivitas manufaktur April turun secara tak terduga.

Baca Juga: Harga Minyak Terkoreksi Rabu (3/5) Pagi, Investor Khawatir Ancaman Resesi AS

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada hari Selasa, pembukaan kembali ekonomi China pasca-pandemi akan menjadi sangat penting bagi Asia.

Tapi itu memperingatkan risiko dari inflasi yang terus-menerus dan volatilitas pasar global yang didorong oleh kesengsaraan sektor perbankan Barat.

Morgan Stanley menurunkan perkiraan harga Brent menjadi US$75 per barel pada akhir tahun.

"Risiko penurunan pasokan Rusia dan risiko kenaikan permintaan China sebagian besar terjadi dan prospek pengetatan 2 jam telah melemah," kata Morgan Stanley dalam sebuah catatan, mengacu pada ekspor yang kuat dari Rusia meskipun ada sanksi Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×