kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Harga minyak kembali tergelincir di tengah bayang-bayang resesi ekonomi


Senin, 07 Oktober 2019 / 10:09 WIB

Harga minyak kembali tergelincir di tengah bayang-bayang resesi ekonomi
ILUSTRASI. Kilang minyak di Basra, Irak


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah dunia turun pada perdagangan Senin (7/10). Memperpanjang penurunan tajam pekan lalu, tersulut kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang bakal mengganggu permintaan minyak di masa akan datang.

Mengutip Bloomberg, pukul 09.44 WIB, minyak Brent pengiriman Desember 2019 ke US$ 58,09 per barel atau turun 0,48%. Sementara, minyak West Texas Intermediate (WTI) berada di US$ 52,64 per barel atau turun 0,32%.

Baca Juga: Irak membara: Polisi tembak pengunjuk rasa, jumlah korban tewas lampaui 100 orang

Kedua kontrak minyak tersebut berakhir dengan penurunan lebih dari 5%, pekan lalu. Setelah suramnya data manufaktur Amerika Serikat (AS) dan China akibat perang dagang yang masih berlangsung.

Para pejabat AS dan China akan bertemu di Washington pada 10-11 Oktober dalam upaya baru untuk mencapai kesepakatan.

Di sisi pasokan, produksi Arab Saudi kembali pulih setelah serangan 14 September terhadap fasilitas kilangnya. Kondisi ini turut memberikan tekanan ke bawah terhadap harga minyak di tengah ketegangan geopolitik Timur Tengah.

Baca Juga: Harga minyak naik 1% meski tengah bayang-bayang kekhawatiran permintaan

Di Irak, produsen terbesar kedua OPEC, kerusuhan anti-pemerintah semakin memanas dan menjadi tantangan keamanan dan politik terbesar sejauh ini.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×