kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik ke Level Tertinggi dalam Dua Bulan


Selasa, 02 Juli 2024 / 07:26 WIB
Harga Minyak Dunia Naik ke Level Tertinggi dalam Dua Bulan
ILUSTRASI. Harga minyak naik sekitar 2% ke level tertinggi dua bulan pada Senin (1/7) di tengah ekspektasi meningkatnya permintaan selama musim panas di Belahan Bumi Utara. Ditambah kekhawatiran konflik di Timur Tengah dapat menyebar dan mengurangi pasokan minyak global.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak naik sekitar 2% ke level tertinggi dua bulan pada Senin (1/7) di tengah ekspektasi meningkatnya permintaan selama musim panas di Belahan Bumi Utara. Ditambah kekhawatiran konflik di Timur Tengah dapat menyebar dan mengurangi pasokan minyak global.

Harga minyak Brent berjangka naik US$ 1,60, atau 1,9%, menjadi US$ 86,60 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$ 1,84, atau 2,3%, menjadi US$ 83,38.

Itu merupakan penutupan tertinggi bagi Brent sejak 30 April selama tiga hari berturut-turut dan tertinggi bagi WTI sejak 26 April.

“Kompleks (energi) memulai minggu baru ini dengan kuat karena terus memperoleh dukungan dari… peningkatan premi risiko geopolitik terkait dengan konflik Israel-Hizbullah dan ekspektasi permintaan yang bullish untuk bulan ini," kata analis di perusahaan penasihat energi Ritterbusch and Associates dalam sebuah catatan seperti dikutip Reuters.

Israel dan Hizbullah yang didukung Iran telah saling baku tembak sejak dimulainya perang Gaza, dan kekhawatiran meningkat bahwa perang habis-habisan bisa terjadi antara kedua pihak.

“Hizbullah dan Israel tampaknya semakin dekat ke perang skala penuh yang berisiko menarik anggota OPEC Iran dan sekutu Syiahnya di Irak, Yaman dan Suriah,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho, ​​dalam sebuah pernyataan. sebuah catatan.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Senin (1/7) Sore, Brent ke US$85,42 dan WTI ke US$81,97

OPEC adalah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang bersama dengan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, telah memperpanjang sebagian besar pengurangan produksi minyaknya hingga tahun 2025.

Pemangkasan produksi tersebut membuat para analis memperkirakan defisit pasokan pada kuartal ketiga karena transportasi dan permintaan AC selama musim panas menghabiskan stok bahan bakar.

Meningkatnya permintaan bahan bakar membantu menaikkan harga produk minyak AS sekitar 3% pada hari Senin dengan harga diesel berjangka ditutup pada level tertingginya dalam 10 minggu dan bensin berjangka ditutup pada level tertingginya dalam delapan minggu.

Di Laut Karibia, Badai Beryl, badai besar yang sangat berbahaya, diperkirakan melewati Jamaika pada hari Rabu dan menghantam Semenanjung Yucatan di Meksiko pada hari Jumat sebelum melemah menjadi badai tropis dan memasuki Teluk Campeche di Teluk Meksiko, di mana Meksiko memproduksi sebagian besar minyaknya pada hari Sabtu.

Sejauh minggu ini, pasar menerima data yang menunjukkan manufaktur AS mengalami kontraksi selama tiga bulan berturut-turut di bulan Juni karena permintaan tetap lemah. Sementara penurunan harga yang dibayarkan oleh pabrik untuk bahan baku ke level terendah dalam enam bulan menunjukkan bahwa penurunan inflasi dapat terus berlanjut.

Seiring berjalannya waktu, investor akan mencari lebih banyak tanda-tanda kapan Federal Reserve AS akan mulai menurunkan suku bunganya.

Pasar pertama-tama akan fokus pada pernyataan Ketua Fed Jerome Powell pada hari Selasa, diikuti oleh rilis risalah pertemuan kebijakan terbaru bank sentral AS pada hari Rabu dan data nonfarm payrolls AS pada hari Jumat.

The Fed menaikkan suku bunga secara agresif pada tahun 2022 dan 2023 untuk mengendalikan lonjakan inflasi. Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya pinjaman bagi konsumen dan dunia usaha, yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Selanjutnya: Asing Banyak Menjual Saham Ini di Tengah Kenaikan IHSG Kemarin

Menarik Dibaca: 7 Variety Show Populer Garapan Na PD, Jinny's Kitchen 2 Baru Tayang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×