kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,55   3,24   0.36%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia, Brent Tergelincir ke US$80 Jelang Pertemuan OPEC+ Senin (27/11)


Senin, 27 November 2023 / 10:37 WIB
Harga Minyak Dunia, Brent Tergelincir ke US$80 Jelang Pertemuan OPEC+ Senin (27/11)
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak tergelincir pada hari Senin (27/11), dengan Brent turun menuju US$80 per barel. Investor menunggu pertemuan OPEC+ pada akhir pekan ini untuk kesepakatan untuk membatasi pasokan hingga tahun 2024.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 37 sen atau 0,5% menjadi US$80,21 per barel pada pukul 0231 GMT. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada di US$75,18 per barel, turun 36 sen atau 0,5%.

Kedua kontrak harga minyak tersebut naik sedikit minggu lalu, kenaikan mingguan pertama dalam lima minggu terakhir. 

Baca Juga: Minyak Minyak Kembali Melemah di Akhir Pekan Jelang Keputusan OPEC+

Didukung oleh ekspektasi bahwa Arab Saudi dan Rusia dapat memperpanjang pengurangan pasokan sukarela hingga awal 2024 dan OPEC+ mungkin akan mendiskusikan rencana untuk mengurangi lebih lanjut.

Harga minyak jatuh pada pertengahan minggu lalu setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, menunda pertemuan tingkat menteri hingga 30 November untuk menyelesaikan perbedaan pada target produksi untuk produsen-produsen Afrika.

Sejak saat itu, kelompok ini telah bergerak lebih dekat ke sebuah kompromi, empat sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat.

Analis ING mengatakan bahwa sentimen pasar tetap negatif karena perselisihan di dalam OPEC+ mengenai kuota produksi.

Meskipun mereka memperkirakan Arab Saudi akan melanjutkan pemotongan sukarela tambahan sebesar 1 juta barel per hari hingga tahun depan.

"Jelas, jika kita tidak melihat hal ini, ini akan memberikan tekanan lebih lanjut ke bawah pada pasar, mengingat surplus selama 1Q24," analis ING mengatakan dalam sebuah catatan.

Baca Juga: Harga Minyak Brent Stabil Menjelang Keputusan Produksi Minyak OPEC+

Menjelang pertemuan OPEC+, estimasi ekspor oleh negara-negara OPEC telah menurun menjadi 1,3 juta barel per hari di bawah level di bulan April, analis Goldman Sachs mengatakan dalam sebuah catatan, sejalan dengan target suplai kelompok tersebut.

"Kami masih memperkirakan perpanjangan pemangkasan sepihak Saudi dan Rusia hingga setidaknya kuartal I 2024 dan pemangkasan kelompok yang tidak berubah, meskipun pemangkasan asuransi kelompok yang lebih dalam kemungkinan akan terjadi," tambah bank tersebut.

Namun, Uni Emirat Arab akan meningkatkan ekspor minyak mentah andalannya, Murban, pada awal tahun depan karena mandat OPEC+ yang baru mulai berlaku dan barel-barelnya dialihkan ke pasar internasional karena adanya pemeliharaan kilang, menurut para pedagang dan data Reuters.

International Energy Agency (IEA) mengatakan bahwa mereka memperkirakan sedikit surplus di pasar minyak global pada tahun 2024 meskipun negara-negara OPEC+ memperpanjang pemangkasan mereka hingga tahun depan.

Analis Commonwealth Bank, Vivek Dhar, mengatakan: "Dengan perkiraan IEA bahwa permintaan minyak global hanya akan tumbuh 0,9 juta barel per hari tahun depan, turun dari pertumbuhan 2,4 juta barel per hari pada tahun 2023, OPEC+ harus menunjukkan disiplin pasokan yang signifikan, atau setidaknya memiliki kemampuan seperti itu, untuk mengurangi kekhawatiran pasar akan surplus yang dalam di pasar minyak tahun depan."

Baca Juga: Harga Minyak Brent Naik Menjelang Keputusan Produksi OPEC+, Jumat (24/11)

Harga minyak juga telah stabil setelah ketegangan geopolitik mereda di Timur Tengah menyusul gencatan senjata di Gaza dan pertukaran sandera dan tahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×