kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak berpeluang menyentuh US$ 24 per barel pekan ini


Senin, 16 Maret 2020 / 18:05 WIB
Harga minyak berpeluang menyentuh US$ 24 per barel pekan ini
ILUSTRASI. Harga minyak mentah dunia kembali terjun bebas pada Senin (16/3).


Reporter: Arvin Nugroho | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah dunia kembali terjun bebas pada Senin (16/3). Berdasarkan Bloomberg, hari ini pukul 17.57 WIB, harga minyak jenis WTI kontrak pengiriman April 2020 anjlok 5,70% ke level US$ 29,92 per barel. Hal yang sama juga terjadi pada minyak jenis Brent dengan kontrak pengiriman Mei 2020 yang anjlok 8,63% ke level US$ 30,93 per barel.

Analis Central Capital Futures Wahyu Tribowo Laksono mengatakan, anjloknya harga minyak dunia di awal pekan ini masih dipengaruhi oleh perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia. Dengan tidak diperpanjangnya kesepakatan pemangkasan produksi minyak antara Rusia dan OPEC mengakibatkan harga minyak melemah.

Rusia dikabarkan akan melakukan produksi besar-besaran untuk mengalahkan perusahaan minyak mentah di Amerika Serikat (AS). Namun, langkah itu dibalas oleh Arab Saudi yang berjanji akan meningkatkan pasokan dan membanjiri pasar dengan minyak mentah murah yang bertujuan menaikkan penjualan ke Asia dan Eropa.

Baca Juga: Harga minyak WTI jatuh ke US$ 30,75 per barel, menembus level rekor termurah

Wahyu melihat, kelebihan pasokan minyak mentah dunia terjadi akibat adanya pasar bebas dan perang dagang yang dilakukan Arab Saudi. Belum lagi, krisis akibat virus corona juga akan berdampak pada menurunnya permintaan minyak. Strategi melimpahkan pasokan kemungkinan diarahkan untuk mematikan kompetitor, Rusia.

Selain itu, Wahyu melihat langkah The Fed yang memangkas suku bunga di luar jadwal yang sudah ditentukan membuat harga minyak semakin jatuh. Sebagai informasi, The Fed memutuskan untuk memangkas suku bunga 100 basis poin dengan rentang 0%-0,25% pada pertemuan darurat yang digelar Minggu (15/3). The Fed juga menjanjikan ekspansi neraca sebesar US$ 700 miliar.

Di samping itu, Direktur Utama PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Emas melihat pemangkasan suku bunga The Fed di pertemuan darurat itu direspons negatif oleh pelaku pasar. Sehingga, secara tidak langsung berpengaruh terhadap menurunnya harga minyak hari ini.

Baca Juga: Pertamina pastikan pasokan BBM&LPG aman di tengah merebaknya corona

Merebaknya virus corona di negara-negara Asia, Eropa, dan AS membuat sejumlah negara melakukan isolasi. Di Eropa, Italia telah melakukan isolasi seluruh wilayahnya dan disusul oleh Prancis yang telah meliburkan sekolah-sekolah. Teranyar, Spanyol akan mengikuti jejak Italia. Sementara, Presiden AS Donald Trump kemudian melarang wisatawan Eropa.




TERBARU

[X]
×