Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Harga koin IGNIS turun usai diluncurkan

Senin, 08 Januari 2018 / 21:47 WIB

Harga koin IGNIS turun usai diluncurkan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak 4 Januari lalu, cryptocurrency berjenis IGNIS bisa ditransaksikan dengan denominasi rupiah. Namun, perkembangan menunjukkan harga IGNIS cenderung turun setelah peluncuran.

IGNIS merupakan anak dari salah satu existing cryptocurrency yang sudah lama ditransaksikan di Bitcoin.co.id, yaitu NXT.


Dimaz Ankaa Wijaya Co-Founder BlokChain Nusantara mengatakan, IGNIS termasuk produk koin baru. Koin ini ditawarkan pertama kali kepada investor dengan cara Bitcoin mengeluarkan koin baru IGNIS melalui pembelian NXT yang sudah ada sebelumnya. "Beli NXT dapat 50% Ignis dari total NXT yang dimiliki," kata Dimaz, Jumat (5/1).

Sejak peluncuran, Oscar Darmawan Chief Executive Officer (CEO) Bitcoin Indonesia melihat pegerakan harga IGNIS tidak terlalu menarik bagi investor Indonesia. "Saat ini harga IGNIS cenderung turun setelah peluncurannya," kata Oscar, Sabtu (6/1).

Menurut Oscar, pasar digital aset di Indonesia saat ini cenderung selalu melihat pergerakan harga dari pada tipe loyal terhadap jenis digital aset tertentu. "Kalau tren jenis koin tertentu lagi naik, nanti digital aset tersebut akan cenderung populer di short term, tapi begitu tren turun, mulai banyak trader yang beralih ke digital aset lainnya," paparnya.

Senada, Business Development Nem Indonesia, Muhammad Yafi mengatakan, saat ini masih banyak investor yang hanya ambil keuntungan sesaat. "IGNIS masih lesu di pasaran, orang masih sering pindah-pindah jenis digital aset lain," katanya, Jumat (5/1).

Saat ini Yafi memproyeksikan kenaikan harga IGNIS masih belum dapat dipastikan. "Market crytocurrency tidak bisa diprediksi pasti," ujarnya. Mayoritas investor yang membeli masih karena spekulasi. Ke depan jika IGNIS menuai perkembangan dengan adanya berita positif seperti bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, maka prospek IGNIS akan ikut makin populer dan harga naik. "Namun, kemungkinan ini masih 50:50," kata Yafi.

Oscar menjelaskan cara jual beli IGNIS sama seperti digital aset lainnya, yaitu melalui website marketplace Bitcoin.co.id. "Untuk di Bitcoin saat ini trading digital aset minimal sekitar Rp 50.000," kata Oscar.

Yafi menambahkan untuk mentransaksikan IGNIS, tentu investor harus memiliki akun di Bitcoin. "Pertama tentu bikin account lalu verifikasi beberapa dokumen seperti scan KTP dan sebagainya, setelah verifikasi oke, nanti baru bisa transaksi trading berleluasa di plafform tersebut," kata Yafi, Jumat (5/1).

Mengenai cara mentransaksikan IGNIS, Oscar mengatakan sama seperti proses jual beli digital aset pada umumnya, yaitu mereka menetapkan harga beli dan menetapkan harga jual yang lebih tinggi. "Trader bisa untung pada saat ternyata ada orang yang ingin beli koin di harga yang lebih tinggi dari harga beli mereka sebelumnya," jelasnya.

Risiko dari investasi IGNIS ini sama dengan digital aset lainnya. "Untung rugi tergantung timing juga, ada daily trader ada yang holder. Biasa kalau investor yang medium to long menganalisis dari fundamental dan teknologi serta informasi, dan harga cenderung selalu naik, sedangkan daily trader lebih memperhatikan chart," kata Dimaz.

Oscar menambahkan untung rugi berinvestasi di digital aset juga tergantung dari kondisi pasar digital aset di luar negeri. Pasar digital aset terhubung ke seluruh dunia satu dengan yang lain. "Terkadang mungkin pasar di Indonesia bullish, tapi kalau pasar di luar negeri bearish, ya tetap akan terpengaruh jika market di Indonesia kalah volumenya dengan pasar luar negeri," ujarnya.

Oscar mengatakan dari sistem Bitcoin mengenakan biaya 0,3% untuk setiap transaksi yang sepakat atau berhasil antara pembeli dan penjual.

Reporter: Danielisa Putriadita
Editor: Dupla Kartini

CRYPTOCURRENCIES

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = 0.0617 || diagnostic_web = 0.3393

Close [X]
×