kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas spot merosot menjadi US$ 1.985,34 per ons troi


Selasa, 11 Agustus 2020 / 15:41 WIB
Harga emas spot merosot menjadi US$ 1.985,34 per ons troi
ILUSTRASI. Harga emas spot REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo


Reporter: Anna Suci Perwitasari, Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas lanjutkan pelemahan pada awal perdagangan hari ini. Si kuning terbebani penguatan dolar Amerika Serikat (AS) karena investor fokus pada rencana stimulus fiskal di Amerika Serikat (AS) seta meningkatkan ketegangan AS-China menjelang pembicaraan perdagangan di akhir pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (11/8) pukul 15.38 WIB, harga emas spot turun 2,07% menjadi US$ 1.985,34 per ons troi dari penutupan kemarin. 

Baca Juga: Harga minyak mentah lanjutkan penguatan di tengah optimisme Saudi Aramco

Sementara itu, indeks dolar AS malah naik 0,1% untuk bertahan hampir di posisi tertingginya dalam satu minggu terhadap para pesaingnya. Ini membuat harga emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Dolar yang dapat berfungsi sebagai aset safe haven diuntungkan dengan kembali memanasnya hubungan antara Negeri Paman Sam dan China. Setelah Presiden AS Donald Trump melarang TikTok dan WeChat, China pun membalasa dengan menjatuhkan sanksi pada 11 pejabat AS termasuk anggota parlemen dari Partai Republik yang mendukung Presiden Donald Trump.

Menambah minyak dalam api, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyebut, perusahaan dari China dan negara lain yang tidak mematuhi akuntansi standar di AS bakal dihapus dari bursa saham AS pada akhir 2021.

Di sisi lain, para pemimpin Kongres AS dan pejabat pemerintahan Trump mengatakan, pada hari Senin bahwa mereka siap untuk melanjutkan negosiasi tentang kesepakatan bantuan virus corona, tetapi pembicaraan tetap menemui jalan buntu di pekan lalu.

Baca Juga: Aksi profit taking seret harga emas spot ke US$ 2.030 per ons troi

Sementara itu, tanda-tanda mulai melambatnya lonjakan kasus virus corona di AS turut menekan harga si kuning. Namun, berdasarkan perhitungan Reuters, kini sudah lebih dari 20 juta orang dilaporkan terinfeksi oleh virus corona secara global dan 731.787 di antaranya telah meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×