kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Harga emas naik 1% karena turunnya yield US Treasury, paladium menembus rekor


Kamis, 22 April 2021 / 05:52 WIB
Harga emas naik 1% karena turunnya yield US Treasury, paladium menembus rekor
ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas melonjak 1% pada hari Rabu (21/4) didorong oleh penurunan imbal hasil US Treasury.  Sementara taruhan untuk kekurangan pasokan mendorong paladium ke rekor tertinggi.

Melansir Reuters, harga emas spot telah naik 0,8% menjadi US$ 1.791.51 per ons troi, setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sejak 25 Februari di US$ 1.797.41. Harga emas berjangka AS naik 0,7% menjadi $ 1.790.40.

"Masalah emas selama beberapa bulan terakhir adalah meningkatnya imbal hasil Treasury dan sekarang sudah cukup banyak berkurang," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Baca Juga: Harga minyak turun untuk hari kedua, tertekan produksi AS dan kasus Covid-19 India

"Prospek ekonomi global saat ini masih beragam ... Anda akan melihat pendekatan yang jauh lebih hati-hati di kuartal berikutnya dan itu mungkin akan membuat emas mulai melihat aliran safe haven," tambah Moya.

Tolok ukur imbal hasil US Treasury tenor 10-tahun merana di bawah 1,6%, mengurangi biaya peluang memegang emas tanpa bunga. Bullion mendapat dorongan lebih lanjut dari Wall Street yang lemah dan juga tampaknya mengabaikan penguatan dolar AS.

Pelaku pasar menunggu pertemuan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis dan pertemuan kebijakan Federal Reserve AS minggu depan.

Skenario teknis untuk emas telah membaik sejak harga menembus di atas resisten utama di US$ 1.750.

Kepala Analis ActivTrades Carlo Alberto De Casa mengatakan dalam sebuah catatan, n setiap berita mengenai lebih banyak stimulus moneter dapat dilihat sebagai pendorong pasar yang lebih positif.

Baca Juga: Harga emas diprediksi masih akan kuat, walaupun tidak naik signifikan

Harga palladium melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di US$ 2.891,20 per ons troi dan terakhir naik 4,4% pada US$ 2.883,80.

Palladium "diuntungkan dari penguatan pembacaan permintaan komoditas dan ekspektasi defisit menyusul gangguan tambang Arktik," kata TD Securities dalam sebuah catatan.

Di tempat lain, harga perak naik 2,1% menjadi US$ 26,42 per ons troi dan platinum 1,4% lebih tinggi pada US$ 1.203,53.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×