kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,11   8,51   0.95%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Diproyeksi Naik, Ini Sejumlah Sentimen Pendukungnya


Selasa, 02 Juli 2024 / 11:54 WIB
Harga Emas Diproyeksi Naik, Ini Sejumlah Sentimen Pendukungnya
ILUSTRASI. Emas batangan Amerika dipajang saat pratinjau 'Emas', sebuah pameran baru yang didedikasikan untuk mineral yang sangat berharga di American Museum of Natural History di New York, 15 November 2006. Disokong perubahan arah tren dan kekhawatiran konflik Rusia-Eropa memuncak, Harga emas diproyeksi akan lanjutkan kenaikan.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas diprediksi cenderung naik, meski harganya masih tertekan. Berdasarkan Trading Economics, harga emas turun 0,31% ke level US$ 2.325 per ons troi, pada perdagangan Selasa (2/7) pukul 11.15 WIB. 

Analisis Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer mengatakan meskipun ada kemungkinan penurunan harga sementara, tren kenaikan harga emas masih berlanjut. Faktor pergerakan emas ini didukung perubahan arah tren dan pengaruh konflik Rusia-Eropa.

“Kemudian, salah satu faktor utama yang mendukung kenaikan harga emas adalah perubahan arah tren pasar,” kata Fischer dalam riset hariannya, Selasa (2/7).  Secara teknikal, Fischer melihat adanya sinyal positif untuk harga emas. Padalnya, konflik antara Rusia dan Eropa masih menjadi sorotan. 

Baca Juga: Harga Emas Spot Turun ke US$2.321,4, Menunggu Petunjuk Pemotongan Suku Bunga AS

Meskipun intensitas serangan saat ini menurun, kekhawatiran akan potensi pecahnya Perang Dunia III membuat para investor cenderung lebih berhati-hati dan mencari perlindungan pada aset-aset aman seperti emas.

Dia menyebutkan perdagangan Asia pada Senin (1/7), harga emas mengalami sedikit penurunan. Harga emas spot untuk pengiriman Agustus turun tipis menjadi 2.325 per ons troi, sementara gold futures yang akan jatuh tempo pada bulan Agustus juga turun 0,2% menjadi US$ 2.336 per ons troi, pukul 11:09 WIB. 

“Kendati demikian, emas masih menunjukkan sedikit kenaikan karena spekulasi penurunan suku bunga September meningkat,” imbuhnya.

Selain itu, Fischer menuturkan bahwa ekspektasi penurunan suku bunga AS juga memainkan peran penting dalam pergerakan harga emas. Para trader saat ini menunggu lebih banyak isyarat dari Federal Reserve dan data ekonomi AS minggu ini. 

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Senin 17 Juni 2024, Cek Daftarnya di Sini

Alat CME Fedwatch menunjukkan bahwa para trader memperkirakan peluang hampir 58% untuk penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan September.




TERBARU

[X]
×