kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,84   -25,89   -2.69%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Batubara Diprediksi Naik Lagi, Ini Rekomendasi Saham untuk Dibeli


Senin, 18 Juli 2022 / 08:12 WIB
Harga Batubara Diprediksi Naik Lagi, Ini Rekomendasi Saham untuk Dibeli
ILUSTRASI. Harga Batubara Diprediksi Naik Lagi, Ini Rekomendasi Saham untuk Dibeli


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga batubara diprediksi masih berpotensi naik hingga akhir tahun 2022. Simak rekomendasi saham pilihan di sektor pertambangan batubara yang layak dibeli.

Website Tradingeconomic mencatat harga batubara ICE Newcastle pada perdagangan Jumat 15 Juli 2022 berada di level US$ 410 per metrik ton. Dibandingkan sehari sebelumnya, harga batubara turun tipis 1,2%.

Namun secara bulanan harga batubara tersebut naik 3,8%. Sedangkan secara tahunan, harga batubara naik 176%.

Harga batubara masih akan tetap mahal karena boikot beberapa negara termasuk Inggris, Korea Selatan, dan Jepang terhadap produk batubara Rusia.

Negara-negara itu sebelumnya mengimpor hingga 100 juta ton batubara dari Rusia. Di sisi lain, negara produsen seperti Australia, Indonesia, dan Kolombia terkendala menaikkan produksi batubara.

Analis Panin Sekuritas Felix Darmawan pun saat ini tetap optimistis terhadap saham-saham batubara. Ada potensi upside seiring ekspektasi pemulihan produksi yang sempat terganggu cuaca di awal tahun.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ini Rekomendasi Saham yang Akan Buyback

Felix menyematkan rating overweight untuk sektor batubara. Saham pilihan utamanya yakni ADRO dengan target harga Rp 3.400. Dia juga merekomendasikan beli saham PTBA dengan target harga Rp 4.600 dan ITMG dengan target harga Rp 40.000, naik dari sebelumnya Rp 32.500.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Juan Harahap juga mempertahankan rating overweight di sektor batubara. Juan menjadikan ADRO sebagai pilihan utama, seiring dengan proyeksi lonjakan laba bersih dan diversifikasi bisnis non-batubara.

Juan merekomendasikan beli saham ADRO dengan target harga Rp 3.850 dan ITMG Rp 39.400. Sementara untuk PTBA, trading buy dengan target harga Rp 4.500.

Namun analis mengingatkan, resesi global dan turunnya permintaan akibat ledakan kembali Covid-19, menghantam batubara.

Bahkan Panin Sekuritas berekspektasi permintaan batubara akan menurun dalam jangka menengah, 2 tahun sampai 4 tahun seiring penggunaan energi baru terbarukan atau biasa disingkat EBT.

Itulah rekomendasi saham sektor pertambangan batubara yang layak dibeli pada perdagangan hari ini, Senin 18 Juli 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham batubara di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×