kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Sejumlah Sentimen Memberatkan, Begini Strategi United Tractors (UNTR)


Kamis, 25 April 2024 / 07:20 WIB
Hadapi Sejumlah Sentimen Memberatkan, Begini Strategi United Tractors (UNTR)
ILUSTRASI. Alat berat berjajar parkir di sebuah gudang di Jakarta, Senin (22/1/2024). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/22/01/2024


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ramainya sentimen eksternal seperti tensi geopolitik dan fluktuasi harga komoditas turut berdampak terhadap bisnis PT United Tractors Tbk (UNTR). Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) yang membuat kurs rupiah anjlok menembus level Rp 16.000 juga bisa memengaruhi kinerja UNTR.

Direktur United Tractors Iwan Hadiantoro mengamini hal itu. Hanya saja, Iwan optimistis dengan segmen bisnis yang beragam, UNTR akan mampu meredam dampak dari berbagai sentimen tersebut.

"Ini beauty of UNTR, bisnis kami terdiversifikasi," kata Iwan dalam konferensi pers, Rabu (24/4).

Iwan lantas mencontohkan penguatan dolar AS akan menekan segmen bisnis alat berat. Dengan besarnya porsi impor, UNTR mesti mengeluarkan biaya yang lebih tinggi, sehingga membuat harga menjadi lebih mahal.

Baca Juga: Catat Kenaikan Kontribusi, Hartadinata (HRTA) Bidik Pasar Ekspor Baru Tahun Ini

"Depresiasi rupiah akan ada dampaknya terhadap bisnis yang terkait construction machinery," imbuh Iwan.

Kondisi itu sejalan dengan estimasi penurunan penjualan alat berat pada tahun ini, dimana UNTR memproyeksikan penurunan sekitar 20%-25%. Iwan bilang, pada tahun ini UNTR menargetkan penjualan alat berat sebanyak 3.900 - 4.000 unit, lebih rendah dibandingkan realisasi penjualan alat berat Komatsu sebanyak 5.270 unit pada tahun lalu.

Adapun hingga kuartal I-2024, volume penjualan Komatsu tercatat sebanyak 1.126 unit. Merosot 37,13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan volume penjualan sebanyak 1.791 unit.

Meski ada tekanan pada segmen alat berat, tapi sentimen eksternal dan fluktuasi kurs saat ini membawa katalis positif bagi bisnis komoditas UNTR, terutama batubara dan emas.

"Sampai batas tertentu kami mendapatkan windfall. Jadi efeknya secara bottom line diharapkan bisa mengimbangi penurunan penjualan alat berat," terang Iwan.

Di sisi lain, emiten dari Grup Astra ini belum berhenti untuk melancarkan ekspansi. Presiden Direktur United Tractors Frans Kesuma menyatakan UNTR tetap mencari peluang akuisisi jika ada aset yang menarik dan sesuai kriteria dalam menunjang diversifikasi UNTR ke bisnis non-batubara.

Sehingga fokus akuisisi dan ekspansi UNTR akan menyasar segmen komoditas mineral dan energi terbarukan.

Baca Juga: Begini Strategi Mulia Boga Raya (KEJU) Maksimalkan Kinerja pada 2024

"Kami tetap cari dan lihat, peluangnya ada tidak? Kalau memang ada potensi, kami akan follow up, akan kami review," tegas Frans.

Seperti diketahui, UNTR getol menggelar ekspansi dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan nikel dan panas bumi. Terbaru, pada Maret lalu UNTR mengakuisisi Supreme Energy Rantau Dedap dengan nilai transaksi US$ 80,69 juta atau setara dengan Rp 1,26 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×