kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Habco Trans Maritima Siap IPO dengan Target Perolehan Dana Rp 350 Miliar


Rabu, 20 Juli 2022 / 11:06 WIB
Habco Trans Maritima Siap IPO dengan Target Perolehan Dana Rp 350 Miliar
ILUSTRASI. Kapal kargo bulk carrier PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM). Habco Trans Maritima menetapkan harga pelaksanaan IPO Rp 160 per saham.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) perusahaan yang bergerak di bidang perusahaan jasa angkutan laut, resmi mendapat surat pemberitahuan efektifnya Pernyataan Pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana. Adapun surat ini efektif dikeluarkan OJK tertanggal 18 Juli 2022 No.S-128/D.04/2022.

Direktur Utama HATM Andrew Kam mengungkapkan, proses pernyataan pendaftaran PT Habco Trans Maritima Tbk. sudah efektif sesuai surat yang telah kami terima dari OJK pada 18 Juli 2022. Adapun total penawaran umum maksimal adalah Rp 350 miliar. Andrew bilang pihaknya siap melakukan initial public offering (IPO) dengan melepas saham HATM ke lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 1,11 miliar saham baru, atau setara 16,65% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh oleh Habco Trans dengan harga pelaksanaan yang ditetapkan untuk saham HATM sebesar Rp 160 per saham.

Selain itu, berdasarkan keputusan direksi pada 31 Maret 2022, Habco Trans memutuskan untuk mengadakan program employee stock allocation (ESA) sebanyak 0,25% dari saham yang ditawarkan dalam penawaran umum atau sebesar 2,8 juta saham.

Baca Juga: BEI Masih Mengantongi 37 Perusahaan Dalam Pipeline IPO

Kemudian calon emiten ini juga akan menerbitkan saham baru sebanyak 281,25 juta saham biasa atas nama, dalam rangka pelaksanaan konversi atas pelaksanaan konversi perjanjian utang senilai Rp45 miliar dengan PT Samudra Sejahtera Investama yang dilakukan bersama dengan penawaran umum, pada harga pelaksanaan konversi sesuai Harga Penawaran dan akan didistribusikan setelah tanggal penjatahan.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perusahaan, di mana seluruh dana yang kami raih akan kami gunakan untuk pembelian kapal bulk carrier baru untuk mendukung kegiatan usaha perseroan. Pembelian armada baru tersebut sejalan dengan terdapatnya peningkatan permintaan pasar atas jasa pengangkutan yang kami tawarkan,” ujar Andrew dalam siaran pers, Rabu (20/7).

Sebagai informasi, PT Habco Trans Maritima Tbk merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam operasional kapal bulk carrier. PT HATM sendiri merupakan salah satu anak usaha dari PT Habco Primatama yang sudah berdiri sejak tahun 1991 dan merupakan bagian dari solusi maritim terintegrasi. Layanan Habco Group berfokus pada logistik maritim yang termasuk namun tidak terbatas pada kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking, dan galangan kapal.

Baca Juga: Pipeline Ramai, Berikut Calon Emiten yang Direkomendasikan Analis

“Saat ini HATM didukung dengan tiga armada kapal bulk carrier dengan mencatatkan pertumbuhan positif setiap tahunnya. Di tahun 2021 HATM berhasil menorehkan Pendapatan Usaha sebesar Rp252 Miliar dan Laba Usaha sebesar Rp90,1 Miliar,” ungkap Andrew.

Adapun proses IPO yang dilakukan oleh HATM setelah diterimanya surat pemberitahuan efektifnya Pernyataan Pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tertanggal 18 Juli 2022. Untuk Masa Penawaran Umum Perdana Saham dimulai pada tanggal 20-22 Juli 2022. Kemudian tanggal Penjatahan pada 22 Juli 2022, tanggal Distribusi pada 24 Juli 2022, dan terakhir tanggal Pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 26 Juli 2022.

“Kami optimistis masyarakat akan menyambut positif kehadiran HATM di Bursa Efek Indonesia. Selain itu kami juga meyakini melalui peningkatan kinerja positif yang kami torehkan setiap tahunnya turut memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia khususnya dalam layanan logistik,” tutup Andrew.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×