kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fundamental ekonomi Eropa yang membaik mendorong penguatan EUR/USD


Minggu, 23 Juni 2019 / 17:45 WIB
Fundamental ekonomi Eropa yang membaik mendorong penguatan EUR/USD


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan mata uang euro terhadap rivalnya dollar Amerika Serikat (AS) bergerak positif pada pekan lalu. Fundamental ekonomi Eropa nampak menjadi katalis positif di tengah sikat The Fed yang dovish.

Berdasarkan data Bloomberg, pada penutupan perdagangan, Jumat (21/6) pasangan mata uang EUR/USD menguat 0,67% di level 1,1369. 

Mata uang euro dalam pasangan EUR/USD bergerak bullish melanjutkan rally pada awal perdagangan oleh pelemahan dollar AS. EUR/USD naik setelah rilis data  Purchasing Manager Index (PMI) Prancis dan Jerman menunjukkan data di atas ekspektasi.

Mata uang euro terus melonjak setelah rilis data mengenai PMI di kawasan Eropa yang lebih baik dari prediksi sebelumnya. Lonjakan pasangan EUR/USD mulai menuju ke titik paling tinggi dalam perdagangan skala mingguan.

Analis PT Rifan Financindo Berjangka Puja Purbaya Sakti mengatakan para pelaku pasar dan investor tampaknya saat ini sedang menahan diri untuk menempatkan dana agresif karena adanya ekspektasi bahwa European Central Bank (ECB) akan menurunkan suku bunga atau akan memulai kembali program QE-nya.

Selain dari sisi euro, pasar saat ini juga digerakkan dari sisi dollar AS dan mulai melakukan analisa mengenai pernyataan dovish dari The Fed pada rilis kebijakan moneter kemarin.

Pada benchmark sentimen risiko yaitu yield obligasi Treasury AS juga mengalami kenaikan cukup baik sampai penutupan perdagangan hari Jumat (21/6). Sakti menilai kondisi ini akan terus memberikan perlawanan terhadap mata uang euro dan semakin membatasi kenaikan-kenaikan yang memungkinkan terus terjadi.

Secara analisa teknikal, Sakti mengamati grafik daily di mana indikator moving average exponential (EMA) melebar dengan arah kurs naik. Kemudian pada vortex indicator (VI) dengan kondisi blue over red yang melebar di mana arah kurs berpotensi lanjutkan gain.

Selanjutnya pada indikator true strengh indicator (TSI) berada di area 10 yang menunjukkan kurs mulai naik. Secara umum EUR/USD masih berpotensi untuk lanjutkan gain pada perdagangan selanjutnya.

Untuk itu, Sakti merekomendasikan buy untuk pasangan EUR/USD selama harga di atas 1,1395 dengan level dan support antara 1,1310, 1,1247, 1,1151. Sementara level resistance antara 1,1406, 1,1439, dan 1,1535.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×