kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat Hari Listing Adaro Minerals (ADMR) Naik 300%, Begini Hitungan Fundamentalnya


Jumat, 07 Januari 2022 / 05:25 WIB
Empat Hari Listing Adaro Minerals (ADMR) Naik 300%, Begini Hitungan Fundamentalnya


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Baru empat hari melantai di Bursa Efek Indonesia saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk melesat. Hingga Kamis (6/1) harga saham emiten yang berkode saham ADMR ini ditutup di Rp 304 per saham, atau menguat 24,59 % dari hari sebelumnya. 

Jika dibandingkan dengan harga IPO di Rp 100 per saham, maka harga saham ADMR telah meningkat 204%. Saham anak usaha dari PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dinilai analis Trimegah Sekuritas, Hasbie dan Willinoy Sitorus menarik. Sebab menurut Trimegah, ADMR adalah perusahaan tambang batubara dengan produksi dan kinerja yang terbaik. 

ADMR juga memiliki izin operasional dan memiliki lisensi terlama yakni lebih dari 30 tahun. ADMR juga merupakan pemain tier I cooking coal yang memiliki tim manajemen yang solid. "Ini bukan hanya perusahaan batubara, itulah mutiara emas Adaro Energy (ADRO)," ujar Hasbie dalam riset 3 Januari 2022. 

Baca Juga: Analis Sebut Emiten Ini Paling Terdampak Kebijakan Larangan Ekspor Batubara

Apalagi, ADRO memiliki lantar belakang yang solid dikombinasikan dengan aset yang berkualitas tinggi. "ADMR adalah anak perusahaan ADRO yang merupakan satu-satunya pemain hard coking coal di Indonesia dengan potensi kenaikan yang signifikan dari cadangan dan sumber daya yang belum dimanfaatkan," terang Hasbie dalam riset. 

ADMR berdasarkan perjanjian karya penguasaan pertambangan batubara (PKP2B) memiliki lima anak perusahaan yang memiliki pemegang konsesi pertambangan batubara di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur seluas 146.000 hektar. ADMR membayar royalti 13,5% dengan pajak normal 22%. 

ADMR memiliki struktur pajak paling menarik di antara rekan-rekan batubara. Seluruh konsesi PKP2B memiliki
 sumber daya 980 mt dengan cadangan 170mt batubara metalurgi. Tambang Lampunut ADMR menduduki peringkat pertama sebagai pemain biaya tunai tingkat 1 dunia.

ADMR juga didukung penuh oleh keterampilan manajemen pertambangan batubara ADRO yang kuat serta mendapat dukungan dari Saratoga, pemegang saham utama perusahaan. "Dengan mengingat hal ini, dan mempertimbangkan
 rekam jejak ADRO dan Saratoga, kami memperkirakan ADMR akan menjadi permata ADRO berikutnya," pendapat Hasbie. 

Baca Juga: Hari Perdana, Harga ADMR Menyentuh Batas Atas 35%

Prospek batubara metalurgi tetap menguntungkan. Batubara kokas merupakan hal yang penting dalam produksi besi dan baja untuk bahan bakar blast furnance. Sebab setiap satu ton baja membutuhkan kurang lebih 770 kg batu bara kokas. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×