kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,75   -4,18   -0.42%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten Kontraktor Tambang Grup Bakrie, Darma Henwa (DEWA) Dirikan 7 Anak Usaha Baru


Selasa, 01 Agustus 2023 / 22:15 WIB
Emiten Kontraktor Tambang Grup Bakrie, Darma Henwa (DEWA) Dirikan 7 Anak Usaha Baru
ILUSTRASI. Pertambangan batubara batu bara PT?Darma Henwa Tbk atau DEWA. Darma Henwa (DEWA) mendirikan tujuh anak usaha baru pada tanggal 28 Juli 2023.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten kontraktor pertambangan terafiliasi Grup Bakrie, PT Darma Henwa Tbk (DEWA) mendirikan tujuh anak usaha baru pada tanggal 28 Juli 2023. Ketujuh anak usaha anyar tersebut yakni PT DH Tradingcorp, PT DH Investindo, PT DH Kantraktama, PT DH Kontraktama Batubara, PT DH Kontraktama Mineral, PT DH Rekayasa Services, dan PT DH Prime Moverindo.

PT DH Tradingcorp bergerak dalam bidang perdagangan besar khusus lainnya. DEWA memiliki 99,90% saham dalam PT DH Tradingcorp, dan sisanya sebesar 0,10% dimiliki oleh PT Cipta Multi Prima.

Asal tahu, PT Cipta Multi Prima adalah anak perusahaan DEWA yang bergerak dalam bidang macam- macam jasa.

Kemudian ada PT DH Investindo yang bergerak dalam bidang aktivitas profesional, ilmiah dan teknis, perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapannya. DEWA memiliki 99,90% saham dalam PT DH Investindo, dan sisanya sebesar 0,10% milik PT Cipta Multi Prima.

Baca Juga: Menakar Valuasi Harga Saham IPO RMKO, Simak Perbandingannya dengan ABMM, DEWA & DOID

DEWA juga mendirikan PT DH Kontraktama yang bergerak dalam aktivitas penunjang pertambangan dan penggalian lainnya, aktivitas penyewaan dan sewa guna tanpa hak opsi mesin pertambangan dan energi serta peralatannya. DEWA mengempit 99,90% saham dalam PT DH Kontraktama, dan sisanya sebesar 0,10% digenggam PT Cipta Multi Prima.

Lalu, PT DH Kontraktama Batubara, bergerak dalam bidang aktivitas penunjang pertambangan dan penggalian lainnya, aktivitas penyewaan dan sewa guna tanpa hak opsi mesin pertambangan dan energi serta peralatannya. PT DH Kontraktama memiliki 99,90% saham dalam PT DH Kontraktama Batubara, dan sisanya sebesar 0,10% milik PT Cipta Multi Prima.

Kemudian, ada PT DH Kontraktama Mineral yang bergerak dalam bidang aktivitas penunjang pertambangan dan penggalian lainnya, dan aktivitas penyewaan dan sewa guna tanpa hak opsi mesin pertambangan dan energi serta peralatannya. PT DH Kontraktama memiliki 99,90 saham dalam PT DH Kontraktama Mineral, dan sisanya sebesar 0.10% milik PT Cipta Multi Prima.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Emiten yang Gencar Akuisisi Tahun ini

Ada juga PT DH Rekayasa Services yang bergerak dalam bidang reparasi mesin untuk keperluan umum, reparasi mesin untuk keperluan khusus, penyediaan tenaga kerja waktu tertentu, dan penyediaan sumber daya manusia dan manajemen fungsi sumber daya manusia. PT DH Kontraktama memiliki 99,90% saham dalam PT DH Rekayasa Services, dan sisanya sebesar 0,10% dimiliki PT Cipta Multi  Prima.

Terakhir, PT DH Prime Moverindo bergerak dalam bidang pertambangan dan penggalian, aktivitas penyewaan dan sewa guna usaha tanpa hak opsi, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya, pengangkutan dan pergudangan. PT DH Kontraktama memiliki 99,90% saham dalam PT DH Prime Moverindo, dan sisanya sebesar 0,10% milik PT Cipta Multi Prima.

“Tujuan pendirian tujuh anak perusahaan tersebut merupakan strategi pengembangan bidang usaha untuk, memperkuat struktur bisnis dan meningkatkan kinerja serta nilai tambah DEWA di masa yang akan datang,” tulis Ahmad Hilyadi, Direktur dan Sekretaris perusahaan DEWA dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (1/8).

Baca Juga: IPO Mandiri Herindo Adiperkasa (MAHA), Lebih Menarik dari Saham PTRO, DOID dan DEWA?

Dus, jika nantinya ketujuh anak usaha ini sudah beroperasi, akan dapat meningkatkan kinerja keuangan DEWA dengan adanya tambahan pendapatan dari anak anak perusahaan tersebut yang terkonsolidasi sesuai peraturan yang berlaku.

“Kelangsungan berkesinambungan baik jangka pendek maupun jangka Panjang atas usaha DEWA akan menjadi lebih baik karena akan memperkuat struktur bisnis  DEWA  saat ini dan di masa depan” sambung Hilyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×