kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

EMERGING MARKETS: Bursa Filipina jatuh ke level terendah 6 bulan


Jumat, 14 Mei 2021 / 14:46 WIB
EMERGING MARKETS: Bursa Filipina jatuh ke level terendah 6 bulan
ILUSTRASI. Philippine Stocks Exchange (PSE)


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Filipina merosot 2% pada perdagangan Jumat (14/5), tertekan kekhawatiran tentang lemahnya pertumbuhan ekonomi meskipun sudah ada pelonggaran pembatasan.

Sementara, bursa saham Taiwan mengikuti kenaikan Asia setelah perdana menteri pulau itu meyakinkan bahwa pihaknya siap untuk melawan pandemi.

Melansir Reuters, sebagian besar Bursa Saham Asia hidup kembali setelah minggu yang bergejolak, dengan saham China, Korea Selatan dan India menguat antara 0,2% hingga 1,2%.

Namun, saham Manila mencapai level terendah enam bulan karena pemberlakuan pembatasan Covid-19 di beberapa wilayah bahkan ketika kasus harian terus mencapai rata-rata sekitar 6.700 pada bulan Mei. Filipina memiliki jumlah kasus dan kematian tertinggi kedua di Asia Tenggara.

"Meskipun ada pelonggaran karantina masyarakat umum, hal itu tampaknya masih membatasi dalam hal pergerakan", kata Astro del Castillo, direktur pelaksana Keuangan Kelas Satu di Manila. Kurangnya kabar baik tentang ekonomi dan Covid-19 membuat investor berhati-hati, tambahnya.

Pasar saham umumnya didukung oleh penutupan kuat Wall Street semalam karena jaminan dari pejabat Federal Reserve tentang sifat sementara dari lonjakan inflasi.

"Secara keseluruhan, umpan balik negatif yang terlihat pada aset berisiko dan ekuitas global yang dipicu oleh meningkatnya risiko tekanan inflasi global tampaknya telah mereda," tulis Kelvin Wong, seorang analis pasar CMC Markets.

Baca Juga: Bursa Asia menguat jelang akhir pekan

Saham Taiwan melonjak 1,2% dan menghentikan empat sesi kerugian setelah Perdana Menteri Su Tseng-chang mengatakan tingkat kewaspadaan Covid-19 tidak akan dinaikkan dan memiliki lebih banyak sumber daya untuk melawan pandemi.

Namun, indeks diperkirakan turun lebih dari 8% untuk minggu ini - kinerja terburuk dalam lebih dari setahun - karena lonjakan tak terduga dalam kasus-kasus yang memaksa pihak berwenang untuk memperketat pembatasan di tempat-tempat umum.

Saham Singapura turun 0,3%, terseret saham Singapore Telecommunications Ltd yang mencatat kerugian setahun penuh.

Dolar Singapura turun 0,2%, sementara peso Filipina dan dolar Taiwan sedikit berubah terhadap dolar yang berfluktuasi, yang telah menguat karena imbal hasil US Treasury yang lebih tinggi.

Pasar saham Malaysia dan Indonesia ditutup untuk hari libur umum.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×