kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas naik tipis ditopang melemahnya dollar AS


Selasa, 10 November 2015 / 07:19 WIB
Emas naik tipis ditopang melemahnya dollar AS


Sumber: Xinhua | Editor: Yudho Winarto

CHICAGO. Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit menguat pada Senin (Selasa pagi WIB), karena dollar AS melemah akibat aksi ambil untung setelah reli di sesi sebelumnya.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik US$ 0,4, atau 0,04 %, menjadi menetap di US$ 1.088,10  per ons troi.

Logam mulia naik sedikit setelah indeks dollar AS, ukuran dollar terhadap sekeranjang mata uang utama, turun 0,3 menjadi 98,94 pada pukul 17.15 GMT. Emas dan dollar biasanya bergerak berlawanan arah, sehingga dollar yang kuat akan merugikan daya tarik emas yang dihargakan dalam greenback.

Namun, tekanan dari kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS yang banyak diantisipasi menempatkan ganjalan untuk kenaikan lebih lanjut pada emas.

Alat Fedwatch CMEGroup mengindikasikan peluang 68 % untuk kenaikan suku bunga 0,5 % selama pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Desember.

Probabilitas, analis mengatakan, jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, yang berkisar dari sekitar 20 hingga 30 %. Harapan berjalan tinggi setelah The Fed mengisyaratkan kenaikan suku bunga mungkin di pertemuan berikutnya pada Desember setelah pertemuan Oktober.

Sebuah kenaikan suku bunga adalah "bearish" untuk emas karena akan mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan tingkat imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Para analis akan tetap mengawasi data ekonomi, termasuk angka ketenagakerjaan dan inflasi, dua alat pengukur penting untuk menentukan waktu kenaikan suku bunga.

Perekonomian AS menambahkan 271.000 pekerjaan baru pada Oktober, merupakan laju tercepat tahun ini, kata pemerintah Jumat. Tingkat pengangguran juga turun menjadi 5,0 %, tingkat terendah sejak April 2008.

Data ketenagakerjaan yang lebih baik dari perkiraan secara signifikan meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga. Dengan Indeks Harga Produsen dan penjualan ritel yang akan keluar pada Jumat, para analis percaya bahwa jika laporan menunjukkan inflasi stabil, kenaikan suku bunga pada Desember sangat mungkin.

Perak untuk pengiriman Desember turun 27,8 sen, atau 1,89 %, menjadi ditutup pada 14,413 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun US$25,6, atau 2,72 %, menjadi ditutup pada 914,40 dollar AS per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×