kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Penguatan Rupiah, Simpan Dolar di Deposito Valas Bunga Hingga 5% p.a


Senin, 22 April 2024 / 14:13 WIB
Dukung Penguatan Rupiah, Simpan Dolar di Deposito Valas Bunga Hingga 5% p.a
ILUSTRASI. Kontan - J Trust KIlas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Hingga Jumat (19/4), rupiah masih menunjukkan tren pelemahan. Pengusaha dan investor dapat ikut menyelamatkan rupiah dengan menyimpan dolar di deposito valas dalam negeri.

Nilai tukar rupiah terus merosot sejak pasar dibuka kembali usai libur Lebaran. Pada Selasa (16/4), rupiah spot menyentuh level 16.200 per dolar Amerika Serikat (USD). Angka tersebut merupakan yang terendah sejak awal April 2020. Mengutip Kontan.co.id, pada awal perdagangan Jumat (19/4) rupiah spot turun lagi ke level 16.261.

Bank Indonesia (BI) menyatakan terus melakukan intervensi untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap USD. Pemerintah pun menghimbau masyarakat yang memiliki USD, khususnya para eksportir, untuk menyimpan greenback dalam waktu lebih lama di dalam negeri.

Jika makin banyak eksportir yang menyimpan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri, cadangan devisa negara akan bertambah. Hal ini akan membantu menopang nilai tukar rupiah di tengah gejolak pasar.

Baca Juga: Berbenah Keuangan Usai Lebaran, Buka Tabungan Bebas Biaya Berhadiah Langsung

Untuk mendukung penguatan rupiah, pengusaha dan investor bisa menyimpan USD di deposito valas dari perbankan nasional. Sejumlah produk deposito valas juga memberikan bunga yang kompetitif sehingga nasabah memperoleh keuntungan yang optimal.

Salah satu program deposito valas yang menawarkan besaran suku bunga spesial bagi nasabah adalah Program Deposito Blue Sakura Premiere dari J Trust Bank, yang berlangsung selama periode 1 Februari—31 Juli 2024. Program deposito valas ini memberikan bunga yang sangat kompetitif, yakni hingga 5,00% per tahun (p.a). Nasabah baru dan nasabah eksisting J Trust Bank, baik perorangan maupun badan usaha, dapat mengikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere.

Caranya, nasabah menempatkan valas minimum USD1.000 di deposito dengan tenor tiga bulan atau enam bulan. Suku bunga yang diberikan mulai dari 3,75% p.a hingga 5,00% p.a. Ilustrasi penempatan dan suku bunga dalam Program Deposito Blue Sakura Premiere dapat dilihat sebagai berikut.

No.

Nominal

Suku Bunga

Tenor 3 Bulan

Suku Bunga

Tenor 6 Bulan

1.

USD1.000 s.d  < USD10.000

3,75% p.a

4,00% p.a

2.

USD10.000 s.d < USD50.000

4,00% p.a

4,25% p.a

3.

USD50.000 s.d < USD300.000

4,25% p.a

4,50% p.a

4.

≥ USD300.000

4,75% p.a

5,00% p.a

Untuk mengikuti program ini, dana harus berupa fresh fund, yaitu berasal dari rekening di luar J Trust Bank dan tidak berasal dari pemindahbukuan antar rekening di J Trust Bank.

Sebagaimana deposito berjangka, Deposito Blue Sakura Premiere juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah mencairkan deposito atau break dari program sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

Penalti break program berupa pemberlakuan suku bunga deposito menjadi 0,1% p.a, dihitung sejak awal penempatan deposito. Selain itu, kelebihan imbal hasil yang sudah diterima juga harus dikembalikan nasabah, dipotong dari jumlah deposito yang ditempatkan.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apabila ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda melepaskan potensi imbal hasil yang sudah ada di depan mata.

Nasabah juga perlu mengetahui, penjaminan simpanan nasabah pada bank diatur berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari jumlah simpanan maupun besaran suku bunga. Oleh karena itu, simpanan dengan suku bunga melebihi ketentuan yang diberlakukan LPS akan dijamin oleh bank terkait itu sendiri.

Baca Juga: Tantang Diri Menabung di Tabungan Bebas Biaya, Raih Reward Photopack JKT48

Keputusan investasi kembali pada investor masing-masing. Pertimbangkan risiko yang dapat ditoleransi dan sesuaikan investasi dengan kebutuhan serta tujuan keuangan.

Jika ingin menyelamatkan rupiah sekaligus meraih cuan optimal dari deposito valas, segera ikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615

Selanjutnya: Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Menarik Dibaca: Bali Berawan Diselingi Hujan di 7 Wilayah, Simak Prakiraan Cuaca Besok!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×