kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditawarkan Hari Ini, Simak Alasan SBR011 Bakal Laris Manis


Rabu, 25 Mei 2022 / 12:51 WIB
Ditawarkan Hari Ini, Simak Alasan SBR011 Bakal Laris Manis
ILUSTRASI. Penawaran saving bond ritel (SBR) secara online melalui e-SBN.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SBN ritel jenis Saving Bond Ritel seri SBR011 diyakini akan mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat. Kupon yang kompetitif dan bersifat floating menjadi faktor yang bisa membuat SBN ritel ketiga di tahun ini diburu oleh para investor.

Adapun, mulai hari ini, Rabu (25/5), masa penawaran Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR011 telah resmi dibuka. SBN ritel ketiga yang diterbitkan di tahun ini akan dibuka masa penawarannya hingga 16 Juni 2022 mendatang.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan kupon untuk SBR011 ini sebesar 5,5% dengan bunga yang bersifat floating with the floor. Kupon untuk tiga bulan pertama ini berdasarkan dari BI-7DRR rate saat penetapan yaitu 3,50% ditambah spread 200 bps.

Chief of Retail & SME Business Commonwealth Bank Ivan Jaya mengungkapkan, kupon perdana SBR011 tersebut sangat menarik untuk dimiliki. Pasalnya, jika dibandingkan dengan aset kelas sejenis, misalnya deposito, kupon SBR011 lebih kompetitif sehingga menjadi lebih menarik. Apalagi, produk SBR sendiri punya fitur kupon dengan jenis floating with floor.

Baca Juga: Diluncurkan Hari Ini, SBR011 Bisa Jadi Pilihan Investasi di Era Kenaikan Suku Bunga

“Ini jadi keunggulan tersendiri, khususnya di saat tren peningkatan suku bunga seperti yang terjadi saat ini. Apabila terdapat kenaikan BI rate, maka tingkat kupon SBR011 yang diterima investor juga akan mengalami peningkatan sebesar kenaikan BI rate,” jelas Ivan kepada Kontan.co.id, Rabu (25/5).

Ivan juga meyakini dengan kondisi pasar saat ini memungkinkan terjadinya penyerapan yang maksimal untuk SBR011. Dia bilang, saat ini pertumbuhan Dana Pihak Ketiga industri ada di kisaran 10,11%. Hal ini membuat dari sisi perbankan, likuiditas masih tersedia cukup untuk mendukung penyerapan SBR011 tersebut.

Oleh karena itu, ia pun percaya penjualan SBR011 kali ini bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan target awal untuk SBR011 sebesar Rp 5 triliun.

Baca Juga: Siap-siap, SBR011 Tawarkan Kupon 5,5%

Guna membantu meningkatkan penjualan SBR011, Ivan bilang bahwa Bank Commonwealth telah mengadakan program cashback hingga Rp4 juta bagi nasabah yang melakukan pembelian SBR011 melalui CommBank SmartWealth, aplikasi wealth management Bank Commonwealth yang mempermudah pembelian produk-produk reksadana hingga produk obligasi seperti SBR011 ini secara online.

“Selain produk SBR011, dengan CommBank SmartWealth nasabah juga dapat melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan seri-seri obligasi pemerintah lainnya yang tersedia di pasar sekunder dengan praktis dan nyaman,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×